“Aku Menyadari Pentingnya Belajar Mandiri”

Opini479 views

Oleh: Piska Yunita (Kawan SLI Angkatan 2) Penempatan Kab. Konawe Selatan

Belajar tak mengenal ada atau tidaknya guru. Semangat ini yang terlihat pada siswa kelas IV pada saat gurunya berhalangan hadir. Tak sengaja melihat dan melirik kelas IV yang diam, tanpa ada guru yang masuk, melihat seperti ini rasanya senang sekaligus bangga melihat semangat belajar mereka yang tinggi. Sekolah ini jauh dari atas pelayanan yang bagus dan keramaian, dibandingkan sekolah yang ada di kota-kota, tetapi tak mengalahkan semangat mereka untuk terus belajar.

Kelas IV akan menghadapi ujian nasional, mereka berusaha semaksimal mungkin dalam belajar. Anak kalau sudah menyadari arti pentingnya belajar mereka akan belajar dengan serius dan sungguh-sungguh, maka dari itu perlu disadari oleh anak arti penting belajar bagi mereka sejak di sekolah dasar, karena dari sini lah tonggak anak akan terus belajar nantinya.

Guru perlu memberikan pemahaman kepada anak-anak, dengan cara tidak menekankan anak, tetapi menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya belajar, dan harus di mulai sejak mereka masih di bangku sekolah dasar. Tak banyak yang perlu dituntut kepada anak, biarkan mereka belajar seperti apa yang mereka suka, tetapi adanya pengawasan dari wali kelasnya seperti apa.

Didik anak dengan cara menyenangkan, jangan biarkan mereka bosan. Dan carilah trik dan tips agar anak tetap fokus dalam belajar. Nanti juga akan memberikan manfaat ketika nantinya guru tak bisa hadir di sekolah, mereka sudah menyadari dari awal, ada atau tidak guru, mereka akan belajar. Tidak semua anak yang bisa belajar tanpa ada gurunya di kelas, tetapi bebeda dengan kelas IV, karena mereka sudah menyadari dari awal bahwa pentingnya belajar.

Semoga ini bisa menjadi fokus pagi calon pendidik nanti, bahwa menjadi guru bukan sekedar memberikan ilmu atau mentransfer ilmu saja, tetapi menyadari hakikat belajar itu seperti apa. Kalau sudah ditanamkan dari diri masing-masing, calon pendidik akan lebih bersungguh-sungguh dalam mendidik anak-anak di sekolah. Maka semangat itulah yang harus diperkuat bagi calon pendidik. Tidak hanya jadi guru saja, tetapi jadilah guru yang bisa merubah paradigma siswa, bahwa belajar bukan bagian yang membosankan , tetapi belajar bagian yang menyenagkan dan merubah pola pikir mereka menjadi pribadi yang lebih baik, dan tentunya akan merubah karakter anak menjadi pribadi yang semangat dalam belajar.

Semoga para pendidik menyadari pentingnya mengajari anak yag akan memberikan bekas yang menyenangkan tentang belajar bagi mereka. Semangat para guru yang akan menebarkan ilmu yang akan dimanfaatkan bagi anak-anaknya dimasa yang akan datang.

Semoga tulisan ini memberikan inspirasi bagi yang membacanya. Terima kasih. 

Komentar