5 Kecamatan di Kota Kendari Dicanangkan sebagai Kampung KB

Metro309 views

Kegiatan pencanangan Kampung KB di Kelurahan Anggilowu, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari. Foto: Humas Kota Kendari.

Kendari – Dalam rangka mendukung program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Pemkot Kendari bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kendari mencanangkan pembentukan Kampung KB di beberapa kecamatan di Kota Kendari. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari program pemerintah dalam upaya mengendalikan pertumbuhan penduduk di Kota Kendari.

Total ada 5 kecamatan di Kota Kendari yang dicanangkan sebagai Kampung KB pada tahun 2019. Hari ini, Sabtu (2/2/2019) ada 2 kecamatan yang dicanangkan sebagai kampung KB, yakni Kecamatan Mandonga dan Puuwatu.

Kegiatan pencanangan Kampung KB di Kelurahan Punggolaka, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari. Foto: Humas Kota Kendari.

Plt. Sekda Kota Kendari Indra Muhammad yang hadir membuka acara pencanangan Kampung KB di Kelurahan Anggilowu mengatakan bahwa, dengan adanya program ini bukan berarti melarang masyarakat untuk memiliki keturunan, namun pemerintah mengajak dan mengimbau masyarakat untuk melakukan pengendalian.

“Artinya setiap ibu-ibu mau melahirkan sudah direncanakan. Misalnya ibu melahirkan tahun ini, bapak-ibu bisa kendalikan apakah 5 tahun ke depan baru rencanakan untuk punya anak lagi. Sebenarnya inti dari KB itu adalah perencanaan, jadi tidak ada aturan pelarangan melahirkan. Kan kalau direncanakan ibunya sehat, anaknya juga sehat,” ujarnya di Aula Kantor Kelurahan Anggilowu, Kec. Mandonga.

Untuk diketahui, 5 kecamatan tersebut ialah yaitu Kec. Mandonga (Lokasi pencanangan: Kel. Anggilowu), Kec. Puuwatu (Lokasi pencanangan: Kel. Punggolaka), Kec. Baruga (Lokasi pencanangan: Kel. Watubangga), Kec. Poasia (Lokasi pencanangan: Kel. Anduonohu), dan Kec. Kendari (Lokasi pencanangan: Kel. Kampung Salo).

Penulis: Benny Laponangi

Komentar