Adanya Alumni UHO yang Tidak Terdaftar di Dikti, Apakah BKD Sultra Juga Akan Lakukan Verifikasi?

Sultra Raya312 views
Kepala BKD Sultra Nur Endang Abbas

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Mengenai adanya ribuan alumni Universitas Halu Oleo (UHO) yang tidak terdaftar di Dikti, dimana saat ini bisa saja telah menjadi Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Sultra. Menyikapi hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra mengungkapkan jika seluruh ASN lingkup Pemprov Sultra tidak ada masalah.

“Kalau terdata di Dikti, kita itu sebelum jadi pegawai seperti CPNS kemarin, itu sudah ada daftar perguruan tinggi, semacam nominatifnya. Ketika itu tidak ada, kita konfirmasi langsung ke Diktinya,” ungkap Kepala BKD Sultra Nur Endang Abbas, usai mengikuti acara pengambilan sumpah dan janji ASN lingkup Pemprov Sultra di Grand Clarion Hotel, Selasa (18/4/2017).

“Iya aman, semua sudah terfilter,” imbuhnya.  

Mengenai pengambilan sumpah dan janji ASN lingkup Pemprov Sultra, apakah juga diadakan verifikasi ijazah, Endang mengatakan jika pengambilan sumpah dan janji tidak melihat keabsahan ijazah.

“Konteks sumpah dan janji ini tidak melihat dulu keabsahan dari ijazah. Itu dilihat ketika dia akan menjadi calon pegawai, disitu kemudian baru diverifikasi,” katanya.

Selain itu, Endang menambahkan jika BKD Sultra sendiri sebelumnya telah melakukan verifikasi ijazah kepada para ASN. Dimana dari hasil pemeriksaan tidak ditemukkan adanya ijazah palsu.

“Kalau kami kan yang lalu sudah ada surat dari Menpan-RB untuk memverifikasi lagi. Dimana melalui itu, dilihat mana ijazah yang bodong, asli tapi palsu, dan benar-benar asli. Tapi kan kenyataan setelah kami melakukan sampel di 512 orang pegawai, itu tidak ada yang terbukti menggunakan ijazah asli tapi palsu. Tinggal ada beberapa yang kita minta keterangan lebih lanjut. Seperti keterangan dari kampus, dan sebagainya,” tambahnya.

Sebelumnya, ditemukkan adanya ribuan alumni UHO yang tidak terdaftar di Pangkalan Data Dikti Kemenristekdikti. Dimana pihak kampus melalui UPT TIK telah meminta para alumni untuk melengkapi berkas sesuai yang dipersyaratkan.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar