Asrun Optimis Pertahankan Opini WTP dari BPK

Metro233 views
Walikota Kendari Asrun / Foto : Andrew Nugraha

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari optimis dapat mempertahankan prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2016.

“Kita sudah menjadi percontohan akuntan publik tetapi kami tetap optimis dapat mempertahankan predikat WTP dengan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah,” ujar Walikota Kendari Asrun di Kantor BPK RI Perwakilan Sultra, Jumat (31/3/2017).

Asrun juga mengatakan, untuk mempertahankan opini WTP yang telah diraih, Pemkot Kendari juga menerapkan disiplin pertanggungjawaban di setiap SKPD. “Kami sampaikan kepada setiap SKPD, sekecil apa pun penggunaan anggaran pertanggungjawabannya harus jelas,” kata Walikota dua periode ini.

Sementara, Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Widiyatmantoro mengungkapkan BPK fokus memeriksa kinerja dalam mendorong terwujudnya target administrasi dan tata kelola keuangan pada pemerintah daerah.

“Opini bukan pemberian BPK tetapi hasil penilaian BPK atas capaian kinerja yang telah dilakukan selama satu tahun,” terangnya.

Widiyatmantoro berharap agar masukan dari BPK dapat dilaksanakan oleh setiap kepala daerah agar pengelolaan laporan keuangan dapat mendapat opini WTP.

Penulis : Ajmain Yusdin

Komentar