Babak Baru Pilrek UHO

UHO230 views
Prof. Hilaludin Hanafi, Ketua Panitia Pilrek UHO Periode 2016-2020

KENDARI,PORTALSULTRA.COM – Setelah berulang kali mengalami penundaan, kini Pilrek UHO telah memasuki babak baru dalam proses panjang pencarian pengganti dari jabatan yang ditinggalkan Usman Rianse ini.

Ditemui langsung diruangannya (5/1), Ketua Panitia Pilrek UHO 2016-2020, Prof. Hilaludin Hanafi mengatakan, Pilrek UHO masih menunggu dari hasil konsultasi Pj. Rektor saat ini di Jakarta kepada Kemenristekdikti.

“Alhamdulillah beliau sudah datang, besok baru akan disampaikan kepada seluruh unsur pimpinan baik para Wakil Rektor, Dekan, Pimpinan lembaga itu diundang secara lengkap besok untuk mendengarkan dari apa yang beliau lakukan selama ini di Jakarta,” paparnya.

Olehnya itu Ketua Panitia yang juga sekaligus Wakil Rektor II ini mengatakan bahwa ia sendiri juga belum mengetahui jadwal pasti Pilrek UHO. Tetapi ia mengakui bahwa Pj. Rektor UHO saat ini benar-benar berfikir keras dan melakukan koordinasi selama satu minggu ini di Jakarta, khususnya mengenai pelaksanaan Pilrek di UHO.

Ditanyakan apakah sudah akan ada jadwal pasti dari Pilrek, Hilaludin hanya menjawab belum tetapi tanggal pasti pelaksanaan akan menjadi mudah setelah adanya senat tetap atau definitif.

“Pilrek kita ini ada dua babak, yang pertama menentukan mengenai anggota senat. Dimana mereka terdiri dari tiga unsur yakni perwakilan guru besar, eks officio (rektor, wakil rektor, dekan) dan jurusan. Sebab jika ini rampung, pelaksanaan Pilrek akan menjadi mudah karena adanya senat yang definif. Kedua ialah adanya jadwal permanen, jadwal ini akan menyusul segera setelah rampung keanggotaan senat,” tambahnya.

Menurut Hilaludin, penetapan senat bisa jadi akan dilakukan kembali, sebab ia mengakui bahwa ada beberapa pejabat di UHO dalam hal ini Wakil Rektor yang juga masuk anggota senat seperti dirinya telah memasuki masa akhir jabatan sehingga telah diusulkan oleh Rektor kepada Kemenristekdikti untuk diperpanjang atau diadakan pergantian dengan yang baru.

Ditanya apakah Januari ini akan segera dirampungkan mengenai Pilrek UHO, Hilaludin mengatakan bahwa pada prinsipnya Rektor menginginkan proses Pilrek ini berjalan tidak rumit, sederhana, dan dilakukan sesuai aturan serta petunjuk Kemeristekdikti.

Ia juga menambahkan bahwa keberlangsungan dari Pilrek UHO akan dilakukan sesuai dengan arahan dari Kemeristekdikti. Olehnya itu, beberapa kemungkinan dapat saja terjadi, apakah Pilrek akan dimulai kembali dari awal ataukah melanjutkan yang sudah ada.

Jika arahan Kemenristekdikti meminta panitia melakukan proses dari awal maka hasil pilrek sebelumnya menjadi batal dan seluruhan tahapan akan dimulai dari awal, yang berarti akan ada seleksi kembali kepada mereka yang ingin maju sebagai calon rektor. Sehingga Hilaludin mengatakan bahwa Pilrek UHO akan bergantung dari hasil konsultasi Rektor kepada Kemeristekdikti.

Sebelumnya, Pilrek UHO telah menghasilkan tiga nama sebagai calon Rektor yakni, Muhammad Zamrun (63 suara), Buyung Sarita (32 suara), dan La Rianda (12 suara).

Selain itu telah terjadi pengurangan jumlah anggota senat UHO dari 117 anggota senat yang memiliki hak suara untuk memilih menjadi 97 anggota senat.

Reporter : Benny Syaputra Laponangi
Editor : Hermawan Lambotoe

Komentar