Babinsa di Kolut Berhasil Gagalkan Transaksi Narkoba

oleh -18 views

Kolaka Utara – Kopda Sabri Babinsa Desa Lawolatu berhasil mengamankan 2 orang warga sipil Ayyun (41) pengedar narkoba jenis sabu dan Olleng (35) sebagai pembeli, yang merupakan warga Desa Lahabaru, Kec. Watunohu. Kedua orang tersebut diketahui sedang melakukan transaksi narkoba jenis sabu di Desa Lawolatu Kec. Ngapa Kab. Kolaka Utara, Rabu (30/1/2019).

Melalui keterangan tertulis Penrem 143/HO, Kopda Sabri menuturkan bahwa pada pukul 17.45 Wita, ia hendak menuju Puskesmas Lawolatu untuk membesuk warganya yang korban lakalalin. Namun dalam perjalanan, Babinsa ini melihat dua orang warga di sebuah perkebunan kakao dengan kegiatan mencurigakan.

“Saya langsung singgah kemudian menghampiri mereka. Saya tanya dua orang pemuda itu mereka sedang apa, tapi mereka hanya diam,” tutur Kopda Sabri.

Barang bukti yang berhasil diamankan Kopda Sabri. Foto: Penrem 143/HO.

Selang beberapa saat kemudain pelaku melarikan diri, Kopda Sabri mengejar kedua pelaku. Alhasil, Babinsa tersebut berhasil menangkap Ayyun beserta barang buktinya. Dari tangan pelaku anggota Koramil itu mengamankan enam saset sabu, uang tunai Rp432 ribu, serta telepon gengam merek Nokia.

Hal senada dibenarkan oleh Danramil 1412-05/Pakue Kodim 1412/Kolaka Kapten Inf Hamka, dengan kejadian yang telah terjadi di wilayahnya. Setiap jam Komandan selaku Danramil tidak bosan-bosannya menekankan agar terus memantau dan memonitor wilayah masing-masing.

“Jangan ragu bertindak di lapangan apabila ada yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum dan dapat merugikan masyarakat,” pungkas Kapten Hamka.

“Ini merupakan kejadian yang kedua kali setelah sebelumnya telah dilaksanakan penggerebekan dari delapan anggota Koramil pakue,” pungkas Danramil.

Saat ini pelaku Ayyun bersama barang buktinya kini diamankan di Polsek Ngapa guna pemeriksaan lebih lanjut.

Penulis: Benny Laponangi
Sumber: Penrem 143/HO