Badan Bahasa Kemendikbud Lakukan Uji Coba Soal UKBI di Sultra

oleh -13 views

Elvi Suzanti saat membawakan materi pada kegiatan uji coba soal UKBI di Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa.

Kendari – Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan uji coba soal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini berlangsung di Grand Claro Hotel Kendari, Kamis (7/11/2019).

Elvi Suzanti, selaku sub Bidang Pengembangan Bahasa dan Sastra mengatakan, tujuan UKBI adalah untuk memotret kemampuan peserta baik penutur Indonesia maupun asing.

Beras Merah Tani Butuni

“Perlu kita ketahui bahwa, UKBI itu ada lima seksi. Seksi pertama (I) itu mendengarkan, seksi kedua (II) merespon kaidah, ketiga (III) membaca, keempat (IV) menulis, dan kelima (V) berbicara,” kata Elvi.

“Seksi I, II, III itu memang diwajibkan satu rangkai, kemudian IV dan V itu keperluan khusus. Jika memang masyarakat ingin mengukur kemampuan menulis atau membaca bisa menggunakan alat uji UKBI ini untuk mengukur kemampuan di bidang tersebut, menulis atau berbicara,” tuturnya.

Elvi mengungkapkan bahwa, uji coba ini dalam rangka pembakuan soal UKBI. Dimana tahun ini ada sebanyak enam provinsi yang dipilih untuk pelaksanaan uji coba tersebut.

“Seksi I, II, III itu di Nusa Tenggara Barat (NTB), Gorontalo, Medan, dan Yogyakarta. Seksi IV dan V itu Sulawesi Tenggara dan Aceh,” ucapnya.

Sementara itu, Elvi mengatakan jika soal-soal yang telah diujicobakan terlebih dahulu akan divalidasi sehingga tahun depan sudah dapat digunakan.

“Tentu kami mengharapkan soal yang divalidasi hari ini bisa tervalidasi dengan baik dan bisa digunakan nanti kedepan, serta memenuhi standar menulis,” ujarnya.

bni/bni