Balai Karantina Gandeng Gempita, Tanam Cabai Perdana

oleh -145 views
Penanaman tanaman cabai diarea Balai Karantina Pertanian kelas II Kendari Penanaman tanaman cabai diarea Balai Karantina Pertanian kelas II Kendari

KENDARI, PORTALSULTRA.COM Balai Karantina Pertanian Kelas II Kendari menggandeng Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) se-Sultra dalam mewujudkan swasembada pangan. Bentuk kerjasama yang dibangun ditandai dengan penanaman cabai di area Balai Karantina Pertanian.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Kendari, Hasrul mengatakan, salah satu kendala bagi petani selama ini adalah pemasaran komoditi pertanian. Oleh karena itu, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membangun pemasaran setelah itu disusul dengan penanaman.

“Kunci kesuksesan Provinsi Gorontalo dibawah kepemimpinan Fadel Muhammad adalah menciptakan pemasaran sebelum menanam,” ujarnya sebelum melakukan penanaman, Kamis (23/2/2017).

Mantan Kepala Balai Karantina Pertanian Gorontalo ini juga mengungkapkan, bahwa Balai Karantina telah memiliki alamat pemasaran seluruh komoditi. Maka dari itu, pihaknya juga menghimbau agar pemuda tani yang akan menanam tanaman, telah mengetahui harga jual dari komiditi yang ditanamnya.

Dengan dikukuhkannya pengurus Gempita Sultra, maka pihaknya berharap Gempita bisa terus bekerjasama dengan Balai Karantina. Dengan demikian, ketahanan pangan di wilayah Sultra dapat terwujud. “Mari kita wujudkan swasembada pangan secara bersama sama,” terangnya.

Editor     : Ajmain Yusdin