Balitbangtan BPTP Sultra Siap Sukseskan Program Konstratani

oleh -89 views

Sosialisasi dan penandatanganan berita acara serah terima sarpras pendukung konstratani Sulawesi Tenggara. Foto: Istimewa.

Kendari – Balitbangtan BPTP Sulawesi Tenggara (Sultra) siap mensukseskan program Komando Strategis Pertanian (Konstratani) yang dicanangkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam rangka mendukung program tersebut, dilakukan sosialisasi dan penandatanganan berita acara serah terima sarana prasarana pendukung konstratani, di Aula Balitbangtan BPTP Sultra, Senin (16/12/2019).

Beras Merah Tani Butuni

Kegiatan dihadiri Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Timur, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe Selatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton.

Hadir pula Perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kolaka, Kabupaten Bombana, Karantina Pertanian Kendari, dan SMKPP Kupang serta 25 Kepala BPP penerima Sapras Konstratani.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq, STP., MM menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu dan undangan yang menghadiri acara sosialisasi dan penandatanganan berita acara serah terima sapras mendukung konstratani.

“Bahwa tahun 2019 Kementerian Pertanian meluncurkan program 100 hari untuk mengoptimalkan pembenahan data, menjamin ketersediaan pangan, informasi pertanian dengan program Komando Strategis Pertanian (Konstratani),” ujar Muhammad Sidiq.

“Konstratani berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring kemitraan dalam pengoptimalan data pertanian,” tutur Muhammad Sidiq.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra Ir. Ari Sismanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balitbangtan BPTP Sultra, yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi dan penyerahan aset dalam mendukung kegiatan konstratani.

“Untuk tahun 2019 dalam mendukung program konstratani diluncurkan bantuan sarana dan prasarana untuk memudahkan dalam mengkoordinasikan penyampaian data maupun konsultasi dalam pembangunan pertanian,” ujar Ari.

“Terdapat 6 kabupaten yang menerima sapras sebagai konstrada dan 25 BPP sebagai konstratani, diharapkan sapras tersebut dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya dalam mendukung program konstratani,” tuturnya.

Sementara itu Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP mengatakan, setelah sarana dan prasarana diterima oleh Dinas Kabupaten dan BPP, diharapkan dapat langsung digunakan untuk melakukan pengumpulan data, melaporkan data serta konsultasi dan koordinasi dengan konstrawil.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi konstratani dan tata kelola penyaluran barang oleh Dr. Ir. Muhammad Alwi Mustaha, M.Si, kemudian penandatanganan berita acara serah terima barang oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra dengan 4 Kepala Dinas Kabupaten serta 25 Kepala BPP yang disaksikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Pusat Penyuluhan BPPSDMP, dan pendamping teknis dari masing-masing kabupaten.

Selanjutnya penyerahan secara simbolis sapras oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Timur.

Setelah penyerahan secara simbolis kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Agriculture Operational Room (AOR) dengan melakukan uji coba teleconference dan uji coba penggunaan drone yang didampingi oleh petugas dari Balitbangtan BPTP Sultra.

bni/adv