HomeHukum dan KriminalBegini Kronologis Penangkapan Bandar Narkoba di Kolaka

Begini Kronologis Penangkapan Bandar Narkoba di Kolaka

Hukum dan Kriminal

AC, NI, SA dan RN yang berprofesi sebagai sopir taksi saat menjalani pemeriksaan di Ruang Staf Inteldim 1412/Klk/Foto: Dok. Penrem 143/HO.

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Tim Intel Korem 143/HO dan unit Intel Kodim 1412/Klk menangkap AC (27) yang diketahui adalah bandar narkoba. Penangkapan dilakukan di Perumahan Kost Hijau Kel Laloeha Kec Kolaka Kab Kolaka. Berikut kronologis lengkapnya.

Sebelumnya, pada Jumat (25/8) telah diperoleh informasi bahwa adanya lokasi yang sering dilakukan untuk transaksi narkoba. Dari informasi yang ada, tim Intelrem dan Inteldim langsung melakukan koordinasi untuk penyelidikan.

“Adanya informasi bahwa diperumahan biru sering dilakukan transaksi narkoba, menindak lanjuti informasi tersebut anggota kami Sertu Idam (Intelrem) yang sedang bertugas di Kab Kolaka langsung melaporkan informasi tersebut ke Pasi Inteldim 1412/Klk (Kpt Cpl Muh Arsak) untuk koordinasi dalam melakukan penyelidikan,” terang Kapenrem 1413/HO Azwar kepada portalsultracom.

“Kemudian pada hari berikutnya, sekitar pukul 20.00 Wita Sertu Idam melaksanakan pengendapan disekitar perumahan biru yang dicurigai sering dilakukan transaksi narkoba. Pada pukul 22.00 Wita, NI wanita penghibur di Triple 777 melakukan transaksi di rumah AC dengan membeli narkoba jenis somadril sebanyak 1 paket seharga Rp 30.000 yang rencana akan dikonsumsi sendiri dan mulai saat itu juga dibuntuti,” imbuhnya.

Dari penyelidikan tersebut, Lanjut Azwar, hari ini, Minggu (27/8/2017) sekitar pukul 04.30 Wita dilakukan penangkapan kepada NI (23). Diketahui bahwa NI baru saja melakukan transaksi narkoba dengan AC (27).

“Sekitar pukul 04.30 Wita di depan Masjid Manunggal Jln Pemuda Kel Laloeha, NI ditangkap yang menggunakan taksi dengan barang bukti yang ditemukan 1 paket somadril isi 5 biji sisa yang telah dikonsumsi,” katanya.

Baca Juga : Tim Intel Korem 143/HO dan Kodim Kolaka Bekuk Bandar Narkoba

“Pada pukul 04.40 Wita Pasi Inteldim 1412/Klk) tiba di TKP dan langsung mengamankan NI, SA dan sopir taksi inisial RN. Pada saat di interogasi ketiga orang tersebut mengaku bahwa barang haram tersebut diperoleh dari AC. Sehingga pada pukul 05.45 wita Kapten Cpl Muh Arsak (Pasi Inteldim 1412/Klk) mengumpulkan anggota unit Inteldim Serma Muslimin dan Serda Ronal bersama Sertu Idham dari Intelrem untuk mengatur rencana penyergapan dirumah sdri AC,” lanjutnya.

Dari hasil penggeledahan di kediaman AC, berhasil diamankan 369 butir narkoba jenis sabu, 738 butir narkoba jenis tramadol, uang tunai senilai Rp 1.177.000, dan 5 unit telefon genggam merek samsung.

“Saat ini AC, NI, SA dan RN yang berprofesi sebagai sopir taksi sementara telah diamankan di Ruang Staf Inteldim 1412/Klk untuk dimintai keterangan dan rencana selanjutnya akan diserahkan ke Polres Kolaka,” pungkasnya.

Penulis: Benny Laponangi