BPTP Balitbangtan Sultra Gelar Rakor UPSUS dan Persiapan Gelar Teknologi HPS ke-39

oleh -105 views

Kepala BPTP Balitbangtan Sultra Ir. Muh. Asaad, M.Sc (ketiga dari kanan) saat memberikan sambutan pada Rakor Upsus Swasembada Pangan Komoditas Strategis Kementan di Konawe Selatan. Foto: Istimewa.

Konawe Selatan – BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada Pangan Komoditas Strategis Kementerian Pertanian (Kementan).

Baca juga: Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

Beras Merah Tani Butuni
Peserta Rakor Upsus Swasembada Pangan Komoditas Strategis Kementan di Konawe Selatan. Foto: Istimewa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Puudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), yang dihadiri Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Konsel, Camat Angata, Kepala Desa Puudambu, Gapoktan, Kelompok Tani, Peneliti, dan Penyuluh Lingkup BPTP Balitbangtan Sultra, Rabu (12/6/2019).

Baca juga: Mentan Panen Padi Varietas Inpari 40 di Kabupaten Konawe

Kepala BPTP Balitbangtan Sultra Ir. Muh. Asaad, M.Sc dalam sambutannya, menyampaikan bahwa salah satu program event internasaional dalam mendukung program strategis Kementan adalah Penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Sultra. Kegiatan HPS awalnya akan diselenggarkan di Bangka Belitung, namun atas permintaan Gubernur Sultra, maka kegiatan HPS diselenggarakan di Provinsi Sultra.

Komiditas kakao yang berada di Desa Puudambu. Foto: Istimewa.

“Beberapa event yang akan diselengaraan dalam kegiatan HPS yaitu Pameran, Seminar Internasional, Tour Diplomat, Perlombaan/Festival, Gelar Teknologi dan Panen Raya buah kakao. Untuk gelar teknologi dan panen raya akan difokuskan pada komoditi kakao dan rencananya akan diselenggarakan di Desa Puudambu. Hari ini dan besok tim dari BPTP Balitbangtan Sultra akan meninjau lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut,’’ kata Muh. Asaad.

Baca juga: Membangun Integritas ASN, Inspektur Jenderal Kunjungi UPT Kementan di Sultra

“Dengan ditetapkannya Kecamatan Angata sebagai lokasi gelar teknologi dan panen raya, diharapkan adanya kerja sama seluruh stakeholder di Kabupaten Konsel dalam mempersiapkan kegiatan tersebut, khususnya infrastruktur, sarana prasarana, kondisi pertanaman serta kesiapan masyarakat setempat,” lanjutnya.

Koordinator Program dan Evaluasi Muhammad Alwi Mustaha (kanan) saat meninjau lokasi Gelar Teknologi dan Panen Raya Kakao di Desa Puudambu. Foto: Istimewa.

Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Ir. Muhammad Alwi Mustaha, M.Si., menambahkan bahwa, terdapat beberapa event gelar teknologi yang akan diselenggarakan di Angata antara lain gelar teknologi sistem usahatani kakao, display inovasi KRPL dan OPAL, gelar teknologi integrasi ternak dengan kakao, display produk hasil olahan kakao dan alsintas serta gelar teknologi sagu, pajale, dan lainnya.

“Kegiatan ini akan melibatkan lintas Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah serta dihadiri kurang lebih 10.000 orang. Jenis layanan dan kegiatan mengacu pada standar kunjungan RI-1, karena kegiatan HPS nantinya akan dihadiri oleh Presiden RI,” ungkap Muhammad Alwi.

Tim Balitbangtan BPTP Sultra saat meninjau lokasi pelaksaan Gelar Teknologi Sagu di Desa Kosebo. Foto: Istimewa.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Konsel Nana Sudarna, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Sultra yang mempercayakan pelaksanaan gelar teknologi HPS di Desa Puudambu.

“Hal ini, kami akan koordinasikan dengan Bapak Bupati Konsel terkait dengan persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut,” ujarnya.

Foto: Istimewa.

Sementara itu, Camat Angata, Abdul Kayom, menyampaikan kesiapannya untuk melaksanakan kegiatan tersebut, dengan melakukan koordinasi baik di tingkat kecamatan, desa, dan masyarakat guna memberikan dukungan penuh demi suksesnya pelaksanaan kegiatan gelar teknologi HPS.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan survei tim BPTP Balitbangtan Sultra ke beberapa lokasi pelaksanaan gelar teknologi dan panen raya yang merupakan rangkaian kegiatan HPS. (Adv)