BPTP Balitbangtan Sultra Lakukan Penandatanganan MoU dengan PT Bumi Lestari Sejahtera

oleh -14 views

Kendari – BPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara (Sultra) lakukan Penandatangan Kerjasama (MoU) dengan PT Bumi Lestari Sejahtera terkait dengan penyediaan bibit kelapa unggul. Acara dilakukan di gedung utama BPTP Balitbangtan Sultra yang dihadiri oleh Karyawan PT Bumi Lestari Sejahtera, pejabat struktural, dan peneliti BPTP Balitbangtan Sultra, Senin (15/4/2019).

Kepala BPTP Balitbangtan Sultra, Ir. Asaad, M.Sc menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Bumi Lestari Sejahtera yang telah melakukan kerjavsama dalam pengembangan kelapa di Sultra. Ini merupakan MoU yang kedua, dimana sebelumnya telah dilakukan MoU yang pertama pada tahun 2018 dan kelapa sudah tumbuh dengan baik. Harapanya dengan adanya kerja sama ini, swasembada kelapa di Sultra dapat terwujud.

“BPTP Balitbangtan Sultra selalu terbuka dan siap melakukan kerja sama dengan siapapun termasuk pihak swasta. Dalam pelaksanaan kegiatan. BPTP nantinya akan menyiapkan peneliti dan penyuluh untuk mendampingi teknologi dari sisi budidayanya,” kata Muh. Asaad.

Kepala Seksi Kerja sama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Balitbangtan Sultra Dr. Abdul Wahab, SP, MP menambahkan bahwa, BPTP Balitbangtan Sultra merupakan UK/UPT Balitbantan, Kementerian Pertanian yang ada di setiap provinsi, yang salah satu tupoksinya adalah melakukan kerja sama dalam penyebarluasan dan pendayagunaan hasil pengkajian, perakitan dan pengembangan teknologi pertanian spesifik lokasi.

Sementara itu Manajer PT. Bumi Lestari Sejahtera, M. Ali Burhanuddin, menyampaikan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Sultra bisa bekerjasama dengan PT. Bumi Lestari Sejahtera. Ini merupakan kerjasama kedua kalinya dalam penyediaan bibit kelapa unggul yang bersertifikat dengan jumlah 20.000 bibit kelapa dalam dan 300 bibit kelapa genjah.

“Tahun 2018 telah dilakukan kerja sama yang sama dengan penyediaan bibit kelapa dalam 12.000 dan 3.000 bibit kelapa genjah, berkat dukungan teknologi dan bibit unggul dari Balitbangtan, kelapa dapat tumbuh dengan baik,” ujar Ali. (Adv)