BPTP Balitbangtan Sultra Sukseskan Program Obor Pangan Lestari

Sultra Raya663 views

Proses budidaya dengan teknologi hidroponik Foto: BPTP Balitbangtan Sultra.

KendariBalai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulawesi Tenggara (Sultra) siap mensukseskan program Obor Pangan Lestari (OPAL) yang dicanangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian.

Pengolahan lahan. Foto: BPTP Balitbangtan Sultra.

Kepala Seksi Kerja sama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Balitbangtan Sultra Dr. Abdul Wahab, SP., MP mengatakan bahwa, program OPAL adalah bagian dari komitmen Kementan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional dengan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

Persemaian tanaman hortikultura. Foto: BPTP Balitbangtan Sultra.

“Untuk tahun 2019, Kementerian Pertanian melalui BPTP Balitbangtan Sultra sebagai UPT di daerah memiliki kegiatan pemanfaatan lahan area perkantoran sebagai taman agroinovasi dengan beberapa kegiatan diataranya, menanam berbagai jenis tanaman sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, dalam upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan berbasis pada potensi sumber daya lokal,” kata Abdul Wahab (Selasa, 25/02/2019).

Lahan taman agroinovasi dengan menggunakan mulsa plastik. Foto: BPTP Balitbangtan Sultra.

Sementara itu Faisal, SP., penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa, untuk mendukung program OPAL diantaranya telah dilakukan koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra dalam rangka pelaksanaan teknis kegiatan, pengolahan lahan, persemaian tanaman hortikultura dan penanaman pada lahan taman agroinovasi serta dibudidayakan melalui teknologi hidroponik. (Adv)

Komentar