BPTP Sultra Diseminasikan Inovasi Teknologi Pertanian pada Pameran Hakteknas

oleh -29 views

Balitbangtan BPTP Sultra yang diwakili oleh Kepala Seksi KSPP Abdul Wahab (empat dari kiri) menerima penghargaan sebagai peserta pameran yang diberikan Kepala Balitbangda Sultra Sukamto Toding (tiga dari kiri). Foto: Istimewa.

Kendari – Balitbangtan BPTP Sultra dengan berbagai inovasi turut serta dalam pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasoional (Hakteknas) XXIV yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk mendiseminasikan hasil inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian pada 28—30 November 2019 di Gedung Olah Raga (GOR) Pemuda Bahteramas.

Assiten I Syarifuddin Safaa dalam sambutan mewakili Gubernur Sultra mengatakan, teknologi telah diakui sebagai bagian dari kunci sumber kemajuan bangsa. Teknologi telah meberi kontribusi yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tema yang diusung dalam pelaksanaan pameran adalah “Dengan Iptek dan Inovasi Kita Perkuat Pilar Masyarakat Sultra yang Mandiri dan Berdaya Saing”.

Beras Merah Tani Butuni

Sementara itu, Kepala Balitbabgtan BPTP Sultra Muhammad Sidiq mengatakan, dengan kegiatan pameran yang diikuti BPTP Sultra diharapkan inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian dapat digunakan oleh petani untuk peningkatan produktivitas usaha taninya.

Ir. Yusuf, SP., M.Si selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, pameran kali ini Balitbangtan BPTP Sultra mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian di antaranya Varietas Inpari 43 dan 42, Bioindustri Olahan Sagu, Industri Kakao, Biochar, Pupuk Organik, PUTS, PUTK, dan program Komando Strategis Pembagunan Pertanian (KOSTRATANI) serta teknologi lainnya.

“Pengunjung sangat antusias melihat hasil inovasi teknologi pertanian hasil Badan Litbang Pertanian yang dipamerkan pada pameran tersebut,” kata Yusuf.

Pada gelaran ini Balitbangtan BPTP Sultra mendapatkan penghargaan sebagai peserta pameran yang diberikan Kepala Balitbangda Sultra Ir. Sukamto Toding, MSP., MA yang terima oleh Kepala Seksi KSPP Dr. Abdul Wahab, SP., MP mewakili kepala Balitbangtan BPTP Sultra.

Pada kesempatan itu, Abdul Wahab mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sultra yang telah menyelenggarakan kegiatan pameran Hakteknas, yang merupakan wadah untuk memperkenalkan inovasi teknologi yang telah dihasilkan.

“Balitbangtan BPTP Sultra akan selalu membangun kerja sama dan sinergisitas dengan Balitbangda dalam menciptakan inovasi teknologi khususnya dibidang pertanian untuk memajukan hasil pertanian di Sultra,” tutur Abdul Wahab.

bni/bni