Bupati Koltim Pimpin Rakor Bidang Gelar Teknologi HPS ke-39

oleh -131 views

Bupati Koltim Tony Herbiansyah (tengah) memimpin rakor bidang gelar teknologi HPS 2019. Foto: Istimewa.

Kendari – Tim Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) menghadiri Rapat Koodinasi (Rakor) Bidang Gelar Teknologi HPS ke-39 di Aula Kantor Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sulawesi Tenggara (Sultra). Rapat dipimpin Bupati Kolaka Timur (Koltim) Drs. H. Tony Herbiansyah M.Si selaku Koordinator Gelar Teknologi di Kepanitiaan Tingkat Provinsi.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad M.Sc, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Ketua Dewan Riset Daerah Sultra, Perwakilan Kepala Balitbangda Sultra, Perwakilan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Dosen Universitas Halu Oleo (UHO), OPD lingkup Pemda Koltim, peneliti serta pejabat struktural lingkup Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Kamis (11/7/2019).

Beras Merah Tani Butuni

Baca juga: Kepala BBP2TP Balitbangtan Tinjau Kesiapan Gelar Teknologi HPS ke-39 di Sultra

Bupati Koltim Tony Herbiansyah menyampaikan, salah satu event dari kegiatan HPS yakni gelar teknologi, yang harus disukseskan secara bersama-sama. Ditunjuknya Sultra oleh pemerintah pusat sebagai tuan rumah pelaksanaan HPS, kata Tony, adalah sesuatu yang patut disyukuri.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad M.Sc saat berdiskusi dengan Ketua Dewan Riset Daerah Sultra dan para Dosen UHO, mengenai pelaksanaan gelar teknologi HPS. Foto: Istimewa.

Baca juga: Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

“Dalam persiapan pelaksanaan kegiatan, perlu adanya kerja sama semua anggota panitia dalam mensukseskan pelaksanaan gelar teknologi. Nantinya akan dibuat jadwal pelaksanaan kegiatan dan panitia akan segera turun kelapangan untuk melakukan berbagai kegiatan yang mendukung pelaksanaan gelar teknologi,” terang Bupati Koltim itu.

“Saya harap panitia yang hadir pada hari ini ikut ambil bagian sesuai dengan fungsi dan tanggungjawabnya dalam kepanitaan yang sudah dibentuk bersama dengan pemerintah provinsi,” tuturnya.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad M.Sc mewakili Litbang Kementan menyampaikan, progres kesiapan pelaksanaan gelar teknologi pertanian yang telah dan akan dilaksanakan.

Baca juga: Tim Litbang Kementan Lakukan Pendampingan Teknologi SUT Kakao

Rakor bidang gelar teknologi HPS 2019. Foto: Istimewa.

“Kami bersama tim litbang sudah mulai bekerja untuk mempersiapkan gelar teknologi, sehingga pada saat gelar teknologi dan panen raya, tanaman kakao tumbuh dan berbuah dengan baik,” kata Muh Asaad.

“Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya, 1) Penentuan lokasi pelaksanaan gelar teknologi di Desa Pudambu Kec. Angata Kab. Konsel, 2) Sosialisasi dan survei RRA, 3) Rapat bersama Bupati Konsel, 4) Monitoring calon lokasi gelar teknologi, 5) Penentuan komponen teknologi kakao, dan 6) Pembuatan jadwal harian persiapan pelaksanaan gelar teknologi pertanian,” lanjutnya.

Baca juga: Litbang Kementan Siap Sukseskan Hari Pangan Sedunia ke-39 di Sultra

Sementara itu, Panitia Balitbangtan BPTP Sultra Dr. Muhammad Alwi Mustaha M.Si menambahkan, terdapat beberapa kegiatan dalam pelaksanaan gelar teknologi yaitu, 1) Gelar teknologi sistem usaha tani kakao, 2) Display inovasi KRPL dan OPAL, 3) Gelar Bioindustri Kakao (integrasi ternak dan pasca panen), 4) Display produk hasil olahan kakao, sagu dan alsintan, dan 5) Gelar teknologi sagu, pajale, dan lainnya.

Panitia Balitbangtan BPTP Sultra menjelaskan beberapa kegiatan dalam pelaksanaan gelar teknologi HPS. Foto: IStimewa.

Ketua Dewan Riset Daerah Sultra Prof. Dr. Andi Bahrun dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan gelar teknologi kakao yang ditampilkan nantinya secara menyeluruh dari hulu sampai hilir yaitu dari proses pembibitan sampai pada proses pengolahan hasil dan pemasaran.

Sementra itu, Prof. Dr. Gusti Ayuk Kadek memaparkan beberapa kegiatan tambahan yang dapat dilaksanakan, yaitu lomba kompetensi inovasi teknologi tanaman kakao yang melibatkan seluruh perguruan tinggi se- Indonesia dan perusahaan. Panitia juga dapat melakukan koordinasi dengan Rektor UHO untuk keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan gelar teknologi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Dr. Yesna Suarni M.Sc, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Koltim selaku koordinator bidang gelar teknologi dan seluruh panitia. Kegiatan gelar teknologi tanaman kakao akan dirangkaikan dengan panen raya, sehingga diharapkan kerja sama seluruh panitia agar pada saat gelar teknologi dan panen raya, performans dan buah tanaman kakao dapat tumbuh dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan pembuatan jadwal, serta pelaksanaan rapat selanjutnya yang akan dilaksanakan dilokasi gelar teknologi. (Adv)