Dari Ujung Pulau Buton, Karya Kain Tenun Wabula Dipamerkan di Halo Sultra ke-53

Sultra Raya495 views
Salah seorang pengunjung Stand Kabupaten Buton di pameran HUT Sultra

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra yang ke-53 banyak menampilkan khas karya daerah dari 17 kabupaten/kota.

Salah satu khas daerah yang cukup menarik perhatian pengunjung yakni karya kain tenunan manual masyarakat Kecamatan Wabula Kabupaten Buton.

Kecamatan Wabula yang berada di ujung pulau buton itu ternyata tidak hanya dikenal dengan indahnya panorama lautnya. Akan tetapi masyarakat terkhusus ibu rumah tangga ternyata juga punya keahlian menenun meski itu dengan peralatan seadanya.

Saat portalsultra.com berkunjung di Stand Kabupaten Buton, kain tenunan yang dipajang di stand tersebut semuanya dari Wabula.

Menurut Abdul Hakim salah satu staf yang menjaga stand tersebut, kain tenun dari Wabula bukan hanya diminati oleh masyarakat Sultra. Saat ini, kain tenun Wabula sudah banyak dibeli oleh masyarakat luar Sultra.

Meski masih dikerjakan secara manual, tapi dari sisi kualitas jangan ditanya. Abdul Hakim menuturkan, kualitas kain tenun Wabula tidak perlu diragukan, baik dari sisi warna maupun corak lainnya semuanya diracik dari bahan-bahan alami yang ada di daerah Wabula.

Harganya cukup terjangkau, dengan membawa uang Rp. 250.000,- pengunjung sudah bisa membawa pulang kain tenun Wabula dengan kualitas yang sudah terbukti.

Penulis: Hermawan Lambotoe

Komentar