Demi Masyarakat, Bupati Konsel Minta PT. Sungai Raya Nikel Buat Jalan Alternatif

oleh -19 views
Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat memantau perusahaan PT. Sungai Raya Nickel di Desa Landipo Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. PT. Sungai Raya Nikel merupakan perusahaan smelter yang baru dibangun di Kabupaten Konsel dan rencanannya perusahaan ini akan difungsikan ditahun 2017 ini.

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga meminta kepada PT. Sungai Raya Nikel agar membuat jalan alternatif dan menutup jalan usaha tani yang selama ini kerap dilalui kendaraan dan alat berat dari perusahaan.

“Saya minta kepada perusahaan agar membuat jalan baru, jika jalan usaha tani berjarak 1 km maka perusahaan harus menggantinya dengan membuat jalan sejauh 2 km, kalau jalan usaha taninya 2 km, perusahaan harus membuat jalan untuk warga sejauh 4 km,” ujarnya, Minggu (22/1).

Apalagi, lanjut Surunuddin, jalan usaha tani dibangun menggunakan dana desa, maka dari itu masyarakat juga harus dibuatkan jalan lain. Pasangan Arsalim ini juga mengungkapkan agar perusahaan tidak menggantikan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk pembangunan jalan.

“Jangan memberikan uang sebagai pengganti jalan usaha tani yang sudah digunakan perusahaan melalulalangkan kendaraannya, karena itu rawan dan orang yang melakukannya bisa dipenjara,” terangnya.

Sementara itu, Humas PT. Sungai Raya Nikel, Mr. Chan berjanji akan memenuhi keinginan warga. “Nanti akan kami kordinasikan kepada kepala Desa dan Camat mengenai lokasi jalan yang akan dibuat,” imbuhnya.

Editor  : Ajmain Yusdin