Di Kendari Barat, pelayanan Air Bersih Berlaku 24 Jam

Metro268 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Pemerintah Kota Kendari bersama dengan pemerintah Kota La Rochelle, hari ini Senin (3/4/2017) melakukan kunjungan di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lasolo Kecamatan Kendari Barat. Kedatangan kedua bela pihak sebagai tindak lanjut dari kerjasama sister-city antar kedua institusi pemerintah tersebut.

Kunjungan kali ini, untuk melihat perkembangan kawasan tersebut, khususnya dalam pengelolaan kawasan untuk System Penyediaan Air Minum (SPAM) yang telah dilakukan pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan Badan Kesewadayaan Masyarakat atau BKM Sanua Mandiri.

Hingga saat ini. Hampir 90% warga yang tinggal disekitar kawasan bantaran kali Lasolo memanfaatkan system SPAM ini, untuk mendapatan air bersih, termasuk untuk memenuhi kebutuhan air minum.

Andryani Endang, selaku Kor. BKM Sanua Mandiri Kec Kendari Barat mengatakan, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi dalam system SPAM yang ada, khususnya beberapa fasilitas instalasi pipa ke rumah masyarakat, dan pembenahan kawasan sekitar DAS yang harus dijaga.

Selain itu ia juga berharap agar pola konsumsi air warga, harus berubah dari pola pemborosan menjadi pola yang lebih hemat air.

“Tadi itu masih ada ditemukan oleh para delegasi, kran air warga yang terus mengalir, tanpa dimanfaatkan, diperlukan system pembatasan penggunaan air bagi warga, karena selama ini warga menggunkan air selama 24 jam dengan biaya iuran Rp 10.000/bulan” terangnya.

Kedepannya diharapkan selain pola konsumsi warga yang lebih hemat diperlukan juga pembenahan fisik pembuatan system penampung (reservoir) dengan bak tertutup.

“Selama ini, air yang dikonsumsi warga masih agak kotor, karena sumber air dikawasan hulu, masih menggunakan system bak terbuka, kita inginnya agar kedepannya bisa dibenahi dengan sistem bak tertutup, hal ini akan kita sampaikan pada pertemuan dengan pihak PU Kota Kendari yang diagendakan besok” pungkasnya.

Penulis: Hermawan Lambotoe

Komentar