Dianggap Bahayakan NKRI, HTI Sultra: Tunjukkan dong, Dimana Letak Bertentangannya?

oleh -230 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Menko Polhukam Wiranto mengatakan kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, serta ciri dalam Pancasila dan UUD 1945. Menanggapi hal tersebut, Ketua HTI Sultra meminta agar pemerintah menunjukkan letak bertentangan antara aktivitas HTI dengan Pancasila.

“Sebenarnya bagini, kalau yang dinyatakan pemerintah bahwa, pembubaran HTI karena membahayakan NKRI atau karena bertentangan dengan Pancasila. Sebenarnya, kita justru malah harus bertanya, dimana letak bertentangannya antara aktivitas HTI dengan Pancasila, dimananya? Artinya kita itu harus ditunjukkan dong,” terang Ketua DPD 1 HTI Sultra Muslimin kepada portalsultra.com saat dihubungi melalui sambungan telefon, Senin malam (8/5/2017).

Muslimin justru meminta pemerintah untuk menunjukkan letak bertentangan antara aktivitas HTI dengan Pancasila. Karena dirinya menilai bahwa, semua aktivitas HTI berlangsung dengan damai, tertib dan bersih.

“Kita juga tidak hanya dituduh anti Pancasila atau bertentangan dengan Pancasila, tapi mesti jelas, bertentangannya itu yang mana? Karena setiap aksi kita itu damai, tertib, beris. Bahkan kita selalu minta surat izin kepada kepolisian, tidak pernah anarkis juga, apalagi sampai dengan kekerasan. Sedangkan kita tahu sendiri, ada aksi-aksi yang lebih anarkis, pertanyaannya, kok kenapa HTI yang damai, tertib, bersih, dan tidak anarkis justru malah mau dibubarkan. Sementara ada yang nyata-nyata sudah anarkis, kok malah tidak. Nah disitu sebenarnya yang kita pertanyakan,” ungkap Muslimin.

Baca Juga : Ini Himbauan Hizbut Tahrir kepada Seluruh Kadernya di Sultra

Pemerintah sendiri melalui Menko Polhukam Wiranto mengatakan kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, serta ciri dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Aktivitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat serta membahayakan keutuhan NKRI,” ujar Wiranto melalui rilis pernyataan pemerintah tentang Ormas HTI.

“Mencermati berbagai pertimbangan di atas, serta menyerap aspirasi masyarakat , pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI. Keputusan ini bukan berarti pemerintah anti terhadap ormas islam. Tetapi, semata-mata dalam rangka merawat dan menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi