DPRD : Disperindag Perlu Atur Pendistribusian Cabai Di Sultra

Sultra Raya206 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COMHarga cabai yang kini mengalami lonjakan harga membuat masyarakat menengah kebawah menjerit. Bagaimana tidak, harga cabai dipasaran yang awalnya murah meriah kini harganya melambung tinggi bahkan harganya sampai Rp 70 ribu.

Anggota DPRD Sultra Rasyid SSos MSi, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (10/1/2017) menyampaikan bahwa, kenaikan cabai saat ini disatu sisi memberikan manfaat kepada petani cabai, tapi disisi yang lain juga membuat masyarakat merasa berat dengan harga yang begitu tinggi.

Sebenarnya, kata Rasyid, stok cabai kita cukup memadai. Hanya saja pemerintah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan perlu mengatur pendistribusian cabai agar merata di 17 kabupaten/kota.

“Stok kita sebenarnya ada, yang sering menjadi persoalan adalah pendistribusiannya yang tidak merata distiap daerah,”terangnya

Anggota DPRD Sultra dapil Konsel-Bombana ini juga mengatakan, Disperindag juga harus mendeteksi daerah mana saja yang punya stok cabai yang melimpah, sehingga daerah yang sentra produksi cabainya kurang memadai bisa langsung di distribusi kesana.

“Jadi kita mendorong Disperindag untuk melakukan pemetaan terkait willayah mana saja yang sentra produksinya memadai. Dengan begitu daerah-daerah yang kurang bagus sentra prodksi cabainya bisa didistribusikan dari daerah yang punya stok cabai yang melimpah,”pungkasnya.

 

Editor   : Hermawan Lambotoe

 

Komentar