Enam Hal Agar Anda Bisa Keluar Dari Jeratan kemiskinan

Khazanah674 views
Foto: Ilustrasi

PORTALSULTRA.COM – Enam Hal Agar Anda Bisa Keluar Dari Jeratan kemiskinan, diantaranya :

1. SABAR

Hidup miskin adalah tamu, maka SABAR adalah jamuannya. Dengan sabar kau bakal bisa bertahan dan dengan SABAR pula Allah bakal membersamai dalam hidupmu. Jika kau bersama-Nya, masih adakah lagi istilah miskin? Dia Maha kaya, maka jika bersama-Nya, kau akan berada dalam jaminan-Nya.

2. BEKERJA

BEKERJA adalah ibadah, sehingga dgn BEKERJA kau sedang beribadah. Bekerja apa saja yang penting halal. Pilih suatu pekerjaan yang dapat membuka pintu rizki dan pekerjaan yang menyediakan 19 pintu dari 20 pintu rezeki adalah berbisnis, berdagang. Mulailah dari pekerjaan yg kau bisa lakukan dan (mungkin) kau sukai. Namun, BEKERJA tak sembarang bekerja, tetapi BEKERJA-lah secara ikhlas, cerdas, keras, dan tuntas. BEKERJA IKHLAS, BEKERJA CERDAS, BEKERJA KERAS, BEKERJA TUNTAS.

3. ISTIGHFAR

Jangan kau pandang remeh ISTIGHFAR (Astaghfirullah), karena ia adalah sebab datangnya rezeki (harta). Perbanyaklah ISTIGHFAR dalam semua situasi dan kondisi. Dengan banyak ber-ISTIGHFAR, kau akan keluar dari kemiskinan.

4. BERDOA

DOA merupakan senjata bagi orang beriman. Apa DOA yang kau panjatkan? Pertama, DOA meminta rizki yang halal dan berkah; kedua, DOA berlindung dari kefakiran (kemiskinan): ALLAHUMMA INNI A’UDZUBIKA MINAL KUFRI WAL FAQR (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran)

5. INFAQ-SEDEKAH

INFAQ adalah memberi sebagian harta kepada orang yg membutuhkan atau mengeluarkannya utk perjuangan di jalan Allah, sedangkan SEDEKAH adalah memberikan kebaikan dalam berbagai bentuk, termasuk dgn harta. Tasbih, tahmid, takbir adalah SEDEKAH. Menolong orang lain adalah SEDEKAH. Senyum adalah SEDEKAH. Dengan banyak berinfaq-sedekah, maka Allah membalasnya dgn berlipat ganda.

6. SILATURAHIM

SILATURAHIM dapat meluaskan rizki. Sambunglah selalu hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, jangan kau putuskan. Dengan menyambungkan kau sedang membuat jembatan yang akan mengantarkanmu kepada pundi-pundi rizki dari-Nya.

Selamat berjuang, semoga Allah menjauhkan kita semua dari kemiskinan. Amin.

Oleh: Ustadz Dr. Amirudin Rahim, M.Hum

Komentar