Gelar Rakor, Sulkarnain Wajibkan Kelurahan dan Kecamatan di Kota Kendari Buat Sistem Pelayanan Digital

Metro195 views

Kendari – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar rapat koordinasi (Rakor) pelaksanaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan dan Kelurahan (P2MK) dan pembahasan dana kelurahan di Ruang Pola Kantor Walikota Kendari, Kamis (17/1/2019).

Plt. Walikota Kendari dalam sambutannya mengingatkan kepada camat dan lurah agar dalam membuat program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, harus menyesuaikan dengan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Kota Kendari, yaitu menjadikan Kota Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi, dan informasi. Oleh sebab itu, camat maupun lurah dituntut untuk dapat memahami dan memaknai visi dan misi tersebut, serta mengetahui dan memahami aturan yang berlaku di daerah.

Foto: Humas Kota Kendari.

Politisi asal PKS itu juga mewajibkan di tahun 2019 ini, setiap kelurahan dan kecamatan membuat sistem pelayanan digital, sehingga pelayanan seperti pengurusan surat keterangan kurang mampu, pengantar surat nikah, dan lainnya dapat diselesaikan maksimal 7 menit.

“Saya berharap dengan sistem nanti diterapkan kita buat dan kita beritahukan ke masyarakat. Pelayanan di kelurahan maksimal 7 menit. Jadi datang, 7 menit kemudian harus sudah keluar surat keterangannya itu,” tegasnya.

Dirinya berjanji tahun 2020 nanti, bagi camat yang berhasil membina kelurahan di bawahnya dengan baik, maka akan diberikan tambahan alokasi dana dan untuk kelurahan, akan dipilih 3 kelurahan terbaik, yaitu kelurahan yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan mampu mengelolah dana kelurahan dengan baik.

“Tahun 2020 nanti, untuk kecamatan yang sukses membina kelurahan-kelurahannya akan diberi dana stimulan dari APBD sebesar Rp1 milyar. Untuk kelurahan nanti kita bagi tiga besar, rencananya kelurahan yang sukses mengelolah di luar dana kelurahan, nanti kita akan tambahkan bertingkat Rp700 juta, Rp500, dan Rp300 juta,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Rakor tersebut juga dihadiri Pj. Sekda Kota Kendari, Kepala Bappeda, serta diikuti camat dan lurah lingkup Kota Kendari.

Penulis: Benny Laponangi

Komentar