Generasi Milenial SMKN 1 Wawotobi, Belajar Teknologi Pertanian di BPTP Balitbangtan Sultra

Sultra Raya513 views

Foto: Istimewa.

KendariBPTP Balitbangtan Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima kunjungan siswa SMKN 1 Wawotobi Kabupaten Konawe dalam kegiatan field trip. Rombongan yang terdiri dari 40 orang siswa serta 10 orang guru pendamping, diterima oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sultra yang diwakili Koordinator Pelayanan Pengkajian, bertempat di Aula BPTP Balitbangtan Sultra, Rabu (21/3/2019).

Baca juga: Sultra Pacu Luas Tambah Tanam Pajale

Koordinator Pelayanan Pengkajian Ir. Muh. Yusuf, M.Si menyampaikan ucapan selamat datang kepada Siswa SMKN 1 Wawotobi yang berkunjung ke BPTP Balitbangtan Sultra, untuk belajar tentang inovasi teknologi pertanian khususnya tanaman hortikultura dan tanaman koleksi, untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.

“Beberapa sarana pembelajaran yang dapat dikunjungi diantaranya kebun benih inti (KBI), kebun koleksi sumber daya genetik (SDG), taman agroinovasi, radio citra pertanian kendari, dan kawasan rumah pangan lestari (KRPL). KRPL merupakan salah satu teknologi pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan berbagai jenis tanaman sayuran dengan sistem hidroponik,” ungkap Muh. Yusuf.

Baca juga: Penguatan Kelembagaan Petani, Dalam Mendukung Bio Industri Ternak dan Jagung

Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Ir. Muh. Alwi Mustaha, M.Si menambahkan, bahwa BPTP Sultra merupakan UPT Badan Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) yang ada di daerah yang mempunyai tugas dan fungsi untuk melakukan penelitian, pengkajian, dan diseminasi dibidang pertanian. Terdapat beberapa hasil Inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkan dan telah diterapkan di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sultra.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Wawotobi, Ikhwal, STP, M.Sc menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPTP yang telah menerima kunjungan mereka dalam rangka proses pembelajaran di luar kelas. Kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan dalam membudidayakan tanaman, serta melakukan diseminasi pertanian melalui penyiaran radio.

“Harapannya dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada generasi milineal untuk berperan aktif pada kegiatan dunia pertanian. Selama 3 tahun SMKN 1 Wawotobi telah menjalin kerja sama dalam pelaksnaan pembimbingan peserta praktek kerja industri (prakerin) yang selalu dilaksanakan di BPTP Balitbangtan Sultra,’’ ujar Ikhwal.

Salah satu siswa SMKN 1 Wawotobi, Dwi Winiarsih, menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan yg dilakukan oleh peneliti dan penyuluh BPTP dalam memperkenalkan inovasi teknologi pertanian khususnya tanaman hortikultuta serta koleksi sumber daya genetik.

Kegiatan field trip diawali dengan kunjungan ke kebun benih inti, kebun koleksi sumber daya genetik, taman agroinovasi, radio citra pertanian, dan tanaman hidroponik yang didampingi oleh tenaga peneliti dan penyuluh sesuai dengan kepakarannya. Kunjungan generasi milineal diakhiri dengan diskusi terkait hasil kunjungan yang telah diperoleh. (Adv)

Komentar