Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa! 3000 Guru Honorer Sultra Diupah Rp 250 Ribu Per Bulan

Edukasi237 views

KENDARI,PORTALSULTRA.COM-– Guru memang ujung tombak dalam membangun generasi yang cerdas. Apalagi dalam Undangundang Dasar kita sudah jelas tertera bahwa negara kita punya impian untuk menjadi negara yang bisa mencerdaskan kehidupan bangsa dan negerinya.

Tepat sekali rasanya, jika guru itu pahlawan tanda tanpa jasa. Meski sampai saat ini masih ada ribuan guru yang mengabdikan dirinya dengan gaji yang belum layak, akan tetapi mereka masih terus berada digaris depan dalam mendidik putra – putri terbaik bangsa ini.

Di Sultra sendiri, dari Rp 3,5 T Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD), anggaran untuk pendidikan sekira Rp 600 M. Untung dana APBN yang dialokasikan untuk pendidikan di Sultra RP 1,5 T.

“Jadi APBD kita sekira 3,5 T, untuk pendidkan dialokasikan sekira RP 600 M. Sedangakan APBN kita mendapatkan bantuan sekira Rp 1,5 T,”ujar Yaudu Salam Ajo Ketua Komisi IV DPRD Sultra saat ditemui diruang kerjanya, Senin (19/12).

Menurut Yaudu, dari Rp 3,5 T APBD Sultra, anggaran pendidikan termasuk  yang paling besar pos anggarannya. Apalagi jumlah guru honorer se Sultra mencapai angka 3000 orang. Sehingga secara otomatis , kata Yaudu, harus ikut dipikirkan pengupahannya.

Yaudu mengaku, pihaknya selaku komisi yang menangani bagian pendidikan sudah membahas bersama dengan Diknas Sultra. Dari hasil rapat, DPRD dan Diknas ada beberapa poin yang menjadi hasilnya salah satunya adalah gaji guru honorer yang berjumlah 3000 orang itu ditaksir sekitar Rp 250 ribu per bulan.

“Kemungkinan guru honorer yang berjumlah 3000 orang itu akan diupah  sekira Rp 250 ribu per bulannya,”terangnya.

Lanjut, Yaudu mengatakan, memang kalau dilihat dari sisi gaji sungguh jauh dari layak, akan tetapi anggaran yang tidak memadai mau tidak mau harus ada solusi agar daerah tidak terbebani begitupun juga dengan nasib guru honorer harus terus berlanjut.

 

Editor         : Hermawan Lambotoe 

 

Komentar