Hasil Pengujian BPOM, Jajanan Sekitar Tamkot Negatif Bahan Berbahaya

oleh -97 views
Salah seorang petugas BPOM Kendari saat menguji somay yang sering dijajakan di Kota Kendari, Minggu (26/2/1017).

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kendari melakukan pengujian jajanan  yang sering dijajakan di sekitar ruang terbuka hijau Taman Kantor Walikota (Tamkot) pada Minggu (26/2/2017). Dalam pengujian tersebut, disimpulkan bahwa jajanan disekitar taman kantor walikota masih dalam kategori aman untuk dikonsumsi.

Kepala BPOM Kendari, Adilah Pababbari menuturkan, pengujian jajanan sengaja dilakukan untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung bahan berbahaya untuk tubuh atau tidak. “Jajanan yang kami uji adalah tahu dan somay. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jajanan itu negatif dari formalin dan boraks,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Adilah juga membeberkan bahan yang digunakannya untuk menguji jajanan apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak, dilakukannya dengan menggunakan uji boraks, uji formalin dan uji pewarna roda min B (pewarna tekstil).

[irp posts=”1066″ name=”2016, Badan POM Terima 354 Aduan Kosmetik Ilegal”]

Bagi makanan yang mengandung bahan berbahaya dapat mengalami perubahan warna. Untuk ciri-ciri khusus makanan yang mengandung boraks, kata Adilah, bentuknya lebih kenyal, sedangkan makanan yang mengandung formalin tidak dihinggapi lalat dan dapat bertahan lama.

“Makanan yang mengandung bahan berbahaya mengalami perubahan warna menjadi warna ungu dan ada berbentuk cincin di tabung uji berarti dia positif,” ujarnya.

Editor      : Ajmain Yusdin