Hasil Quick Count BSI Menangkan Rajiun di Pilkada Muna Barat

oleh -167 views
Direktur eksekutif Barometer Swara Indonesia (BSI) Baso Afandi dalam konferensi pers quick count Pilkada Muna Barat tahun 2017 di Swiss-Belhotel, Rabu (15/2).

KENDARI,PORTALSULTRA.COM – Hasil quick count dari Lembaga Survei Barometer Swara Indonesia (BSI) memperlihatkan pasangan Rajiun-Ahmad La Mani sebagai pemenang pilkada di Kabupaten Muna Barat dengan presentase perolehan suara sebesar 58,79%. Sedangkan pasangan Ihsan-La Nika memperoleh suara sebanyak 41,21%.

“Dari tiga kali survey yang kami lakukan di Muna Barat, memang cukup menegangkan karena awalnya selisih jauh. Suara belum memutuskan, ragu-ragu dan lain-lain terakumulasi di Iksan-Lanika. Sementara kalau melihat dari periode survey per Januari-Februari, Rajiun itu strongnya ada di angka 61. Hari ini perolehannya 58,79%. Kalau dilihat dari tingkat gerusan, biasanya memang angka incumbent 1-15% terjadi gerusan. Ini tidak sampai 15%,” ungkap Baso Afandi saat konferensi pers BSI di Swiss-Belhotel Kendari, Rabu (15/2).

Dari perolehan angka yang mereka temukan, Baso meyakini bahwa masyarakat Mubar saat ini sadar betul akan pembangunan serta kerja nyata yang telah dialakukan oleh Incumbent ketimbang dengan calon yang baru berjanji.

Kendati masih quick count, Direktur Eksekutif Barometer Swara Indonesia Baso Afandi memastikan bahawa Rajiun akan terpilih sebagai Bupati di Kabupaten Muna Barat.

“Hasil quick count ini bukan menjadi pegangan utama. Kita tetap menunggu pleno KPU. Olehnya itu, mari kita sama-sama¬† menghargai pleno KPU, tapi biarkan kami, saya dan teman-teman mengucapkan selamat kepada bupati terpilih”, tutup Baso Afandi.

Metode survei yang dilakukan oleh BSI adalah dengan teknik multistage random sampling. Dimana jumlah sampel yang digunakan ialah 70 TPS dari 119 TPS yang ada. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dari relawan pada TPS terpilih dengan margin error sebesar 1%.

Reporter : Rahma Wolio
Editor : Benny Syaputra Laponangi