HTI Sultra Belum Tentukan Sikap Di Pilwali Kendari

oleh -1 views
Ketua DPD I HTI Sultra, Muslimin, SE.,ME/Sumber Foto: @kendaribersyariah

KENDARI,PORTALSULTRA.COM Sampai saat ini, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Sultra, belum menentukan pilihan mau berlabuh kemana di Pilwali mendatang. 

Ketua DPD I HTI Sultra Muslimin SE MSi, ditemui usai kegiatan temu tokoh umat Islam Sultra menyampikan bahwa, HTI se Indonesia pada setiap perhelatan Pilkada tidak pernah mengintruksikan kadernya atau melarang masyarakat untuk ikut menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada.

“Hizbut Tahrir  tidak pernah menginstruksikan atau mengeluarkan suatu pernyataan bahwa melarang masyarakat untuk ikut terlibat dalam Pilkada. Yang penting dalam memilih pemimpin itu syaratnya adalah jangan memilih pemimpin kafir,” terangnya, Ahad (1/1).

Saat ditanya siapa jagoan HTI di Pilwali Kota Kendari? Muslimin mengatakan  di Kota Kendari semua calonnya ialah muslim dan apakah akan ada seruan khusus bagi kader HTI untuk ikut mimilih dalam pemilihan, ia menjawab bahwa tidak ada seruan khusus yang ada itu, HTI punya standar tersendiri dalam menentukan pilihan.

“Jadi HTI itu adalah partai pembebasan, beraktivitas dalam rangka mendidik umat. HTI hanya memeberikan pembelajaran dan pendidikan kepada umat, tidak pernah mendikte, tidak pernah memaksa atau sampai memberikan seruan,”tuturnta.

Di Kota Kendari, kata Muslimin, HTI tidak pernah  memberikan seruan bahwa harus memilih atau harus tidak memilih. Akan tetapi, kata Muslimin, HTI memberikan sebuah persyaratan-persyaratan atau standar yang wajib dipilih itu adalah sebagaimana kriteria yang tadi telah disampaikan, yaitu laki-laki, muslim, akal, balig, adil dan mau menegakkan syariah secara kaffah.

Ia juga menambahkan, sejauh ini belum ada satu kandidat pasangan calon manapun yang  datang untuk berdialog dan bersilaturahmi dengan HTI Sultra.

“Belum pernah ada yang datang silaturahim dengan kami,” paparnya.

Apakah HTI tidak punya upaya untuk bersilaturahim kepada para Kandidat Walikota Kendari? Mislimin mengaku bahwa HTI selalu berupaya bersilaturahim, bukan hanya kepada para calon Walikota tetapi kepada tokoh manapun.

Meski belum menentukan sikap, Muslim mengaku ketiga pasangan calon yang akan bertarung di Pilwali mendatang punya hubungan pertemanan serta kedekatan pribadi dengan paslon.

 

  • Reporter : Beni Saputra Laponangi
  • Editor      : Hermawan Lambotoe.