Ini Aturan Debat Pilwali Kendari Malam Nanti

Politik240 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM  Debat pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kendari yang akan diselenggarakan pada Rabu malam (28/12) terikat pada beberapa aturan. Aturan yang akan diberlakukan diantaranya, aturan KPU yang terdiri dari aturan ditingkat nasional dan aturan ditingkat lokal, aturan yang bersumber dari permintaan pasangan calon, dan ketiga tergantung moderator dalam mengeksplorasi.

“Pasangan calon menginginkan yang terbaik sehingga mereka memberikan usulan bagaimana konsep yang terbaik,” ungkapnya.

Moderator Debat Publik, Zainal Arifin menuturkan, dirinya juga nanti akan ditemani beberapa pakar lokal yang akan membantu menyusun pertanyaan yang akan ditanyakan kepada seluruh pasangan calon.

Lebih lanjut, Zainal juga mengungkapkan, bahwa debat yang diselenggarakan bukan bertujuan untuk mempermalukan antar pasangan calon, akan tetapi dalam debat hanya ditujukan untuk encourage, mengentertain untuk menjelaskan kepada publik seberapa layak mereka untuk dipilih.

“Kelasnya ini kelas jualan, orang akan membeliberdasarkan paket yang ditawarkan,” imbuhnya.

Segmen debat nanti, lanjut Direktur Pukat UGM ini, dimana pasangan calon akan menjelaskan visi dan misinya, ada segment pakar yang akan menitipkan pertanyaan, ada segmen pertarungan antar calon. “Porsi besarnya ada pada pertarungan antar calon,” terangnya.

Sedangkan calon yang pertama memaparkan visi dan misi diatur berdasarkan nomor urut.

 

Editor     : Ajmain Yusdin

Komentar