HomeTeknoIni Dia Sosok Pria Berkacamata yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Ini Dia Sosok Pria Berkacamata yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Tekno

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Mesin pencari google hari ini, Kamis (7/9/2017) menampilkan sosok pria berkacamata yang disekelilingnya menampilkan beberapa peralatan labaratorium hingga rumus kimia yang melambangkan dirinya.

Sosok pria tersebut ialah Sir John Cornforth. Doodle hari ini spesial dipersembahkan pihak google untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke-100.

Berikut ulasan lengkap tentang pribadi Sir John Cornforth yang portalsultracom kutip dari Wikipedia.   

Sir John Warcup ‘Kappa’ Cornforth FRS (7 September 1917 – 14 Desember 2013), ialah seorang ilmuwan yang memenangkan Nobel Kimia pada 1975 untuk karyanya pada stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim.

Cornforth yang lahir di Sydney, Australia, dididik di Sydney Boys High School dan Sydney University (sejak usia 16 tahun) di mana ia bertemu Rita Harradence, yang kelak menjadi isterinya.

Pria yang sudah sangat tuli sejak remaja itu kemudian belajar kimia organik dan lulus dengan penghormatan kelas pertama dan medali universitas pada 1937.

Pada tahun 1939, Cornforth memenangkan beasiswa untuk belajar di St Catherine’s College, Oxford, dan pindah bersama isterinya, Rita.

Cornforth memiliki pengaruh mendalam dalam karya penisilin selama perang. Ia membantu penulisan The Chemistry of Penicillin (Princeton University Press, 1949).

Atas karyanya itu, dirinya menerima penghargaan Nobel bersama Vladimir Prelog pada 1975 dan dianugerahi gelar kebangsawanan pada 1977. Selain itu, dianugerahi juga Medali Corday-Morgan (1953), Royal Medal (1976), dan Copley Medal (1982).

Cornforth yang masuk dalam daftar Tokoh Australia pada 1975 ini juga adalah anggota Royal Society dan aktif dalam penelitian kimiawi di University of Sussex.

Ia meninggal dunia pada 14 Desember 2013 di Brighton pada usia 96 tahun, setahun setelah istrinya lebih dulu wafat pada umur 97 tahun.

Penulis: Benny Laponangi
Sumber: wikipedia.org