HomeKampusUHOIni Jawaban Kepolisian terkait Dugaan Plagiat oleh Calon Rektor Terpilih UHO

Ini Jawaban Kepolisian terkait Dugaan Plagiat oleh Calon Rektor Terpilih UHO

UHO

 

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sultra mendapat undangan sebagai pembicara dalam dialog anti plagiarisme yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Anti Plagiat (Format) Sultra pada salah satu hotel di Kendari.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam dialog tersebut ialah, dugaan plagiat yang dilakukan oleh calon rektor terpilih Universitas Halu Oleo (UHO).

“Kita ini hanya dapat undangan mewakili Kapolda. Tapi karena hari ini ada upacara HUT Bhayangkara, beliau memerintahkan kepada saya untuk hadir di acara ini,” terang Dikrimum Polda Sultra Kombes Pol Abdul Rizal A. Engahu kepada portalsultra.com, Senin (10/7/2017).

“Tapi pada intinya, kalau itu forum akademisi jangan lari ke forum politik. Karena jangan sampai kita (kepolisian, red) dijadikan sebagai pemukul sama yang lain. Kan ngga boleh. Tapi kami sebagai polisi sudah tahu dengan tanggung jawab kami,” imbuhnya.

Meski demikian, pihaknya mengatakan bahwa, belum menerima laporan dari siapa pun mengenai dugaan plagiat yang ditujukan kepada calon rektor terpilih UHO.

Baca juga: Tolak Plagiat oleh Calon Rektor Terpilih UHO, Format Sultra Gelar Dialog Anti Plagiarisme

“Sampai saat ini belum ada laporan masuk di kita (Polda Sultra, red). Kalau terkait dengan ini (plagiat, red) inikan lex spesialis. Ada undang-undangnya. UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,” katanya.

“Tapi jika memang ada yang masuk, kami ini sebagai pelayan masyarakat akan menerima. Kita lakukan pendalaman, penyelidikan. Benar nggak laporannya ini. Kalau itu benar tentu kita lanjutkan prosesnya. Tapi jika tidak, maka dihentikan,” lanjutnya.

Dirinya juga bahkan mengingatkan kepada siapa saja yang akan melaporkan perihal dugaan plagiat, untuk berhati-hati, sebab menurutnya, jika pada akhirnya laporan tersebut tidak terbukti, dapat memungkinkan terlapor untuk balik melaporkan perihal tersebut.

“Tapi hati-hati. Jika tidak terbukti, nanti dia bisa lapor balik. Yakni pencemaran nama baik,” ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Format Sultra, menggelar dialog anti plagiarisme dengan tema, plagiat melilit calon rektor terpilih UHO.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi