Ini Penyebab Yang Sering Membuat Banjir Kota Kendari

Metro633 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Banjir di Kota Kendari sudah cukup sering terjadi. Setiap hujan turun, hampir semua titik terjadi banjir. Apa penyebab banjir sehingga setiap turun hujan ini terjadi di Kota Kendari?

Menurut Ketua Forum Daerah Aliran Sungai Sultra, Dr La Baco MSi, penyebab banjir di Kota Kendari disebabkan beberapa faktor. Kata La Baco, persoalan drainase harus cepat diselesaikan oleh pemerintah kota.

“Yang perlu diperbaiki itu saluran drainase, sebab air yang menggenang adalah air yang tidak mendapatkan saluran. Pemkot harus konsen dalam memperbaiki drainase agar air hujan tersalurkan dengan baik,”terangnya, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Ahad (5/3/2017).

Lanjut, La Baco mengungkapkan, selain drainase yang masih kurang baik, sumur resapan atau biofori yang ada di Kota Kendari tidak ada. Dengan tidak adanya sumur resapan, ketika hujan turun maka tidak ada pertolongan pertama. Sejatinya, tambah La Baco, kalau ada sumur resapan minimal ada penampungan sementara air hujan.

“Jadi di Kota Kendari sumur resapan sangat kurang, sejatinya itu harus diperbanyak,”ujarnya.

[irp posts=”3132″ name=”Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Sultra Diminta Selalu Siaga”]

Ketiga, sambung La Baco, reklamasi sedikit demi sedikit ikut menyumbang persoalan banjir yang ada di Kota Kendari. Pasalnya, dengan adanya reklamasi air yang keluar terhalangi.

Apalagi, kataLa Baco, kalau hujan turun dengan volume air yang cukup banyak berpapasan dengan pasangnya air laut, maka yang terjadi bukan air hujan yang meluap ke laut, tapi air laut yang ikut masuk kedalam saluran air hujan.

Penulis : Hermawan Lambotoe

Komentar