Ini Pesan Nur Alam Kepada Ribuan ASN yang Baru Saja Diambil Sumpahnya

Sultra Raya190 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Kepada ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Provinsi Sultra, Gubernur Sultra Nur Alam menitipkan beberapa pesan. Diantaranya agar spirit pengambilan sumpah yang bertepatan momentum hari jadi Sultra dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kinerja dan pengabdian para ASN.

“Saya berharap spirit hari ulang tahun Sultra dapat dijadikan momentum bagi pegawai ASN untuk untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada organisasi, pemerintah, dan negera. Karena kedepan pelaksanaan manajemen ASN terkait pembinaan pengembangan karir pegawai ASN dilakukan melalui pendekatan yang mengutamakan kompetensi, skill dan profesionalisme,” kata Nur Alam saat memberikan sambutan dihadapan seluruh ASN di Grand Clarion Hotel Kendari, Selasa (18/4/2017) .

Nur Alam juga mengatakan bahwa pengambilan sumpah pegawai ASN merupakan sebuah prosesi yang strategis karena pegawai ASN sebagai profesi yang selalu dituntut untuk taat dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sumpah dan janji yang saudara telah ikrarkan merupakan suatu bentuk ikrar yang tidak hanya akan dipertanggungjawabkan kepada pimpinan atau institusi saja tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Melaui pengambilan sumpah dan janji pegawai, Nur Alam berharap dapat menjadi momentum kepada para ASN untuk terus meningkatkan kualitas pengabdiannya kepada organisasi tempat ia ditugaskan.

“Pengambilan sumpah dan janji ini merupakan wujud pengakuan, kepercayaan dan penghargaan atas dedikasi loyalitas, dan prestasi ASN dalam pengabdiannya kepada organisasi pemerintah dan negara. Sehingga momen pengambilan sumpah ini harus mampu mengukuhkan komitmen serta tekad aparat untuk terus meningkatkan kualitas pengabdiannya kepada organisasi tempat dia ditugaskan,” harapnya.

Diketahui bahwa, pengambilan sumpah ini adalah sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dimana salah satu pelaksanaan manajemen ASN mengatur bahwa setiap pegawai ASN wajib mengangkat sumpah/janji menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.

Dimana hari ini sebanyak 2.054 orang ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Sultra, yang terdiri dari golongan IV sebanyak 179 orang, golongan III 1.331 orang, golongan II 512 orang, dan golongan I sebanyak 32 orang yang resmi diambil sumpahnya oleh Gubernur Sultra.

Selain itu, periode selanjutnya akan menyusul sebanyak 9.000 ASN yang baru saja dilimpahkan dari kabupaten/kota ke provinsi untuk kemudian juga diambil sumpahnya.       

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar