IZI Sultra di Target Kelola Zakat Hingga Rp 900 Juta

Sultra Raya658 views

 

KENDARI, PORTALSULTRA.COM Zakat dapat memberikan dampak yang besar bagi kemaslahatan umat jika dikelola dengan baik. Karena melalui zakat, maka permasalahan sosial dan ekonomi dapat dientaskan. Hal ini seperti disampaikan Kepala IZI Cabang Sultra, Erdi Erfiandi, SE kepada portalsultra.com pada Sabtu (7/1).

Erdi mengakui, untuk tahun ini, IZI cabang Sultra diberi target untuk mengumpulkan dana zakat sebesar Rp. 900 juta. Target ini dinilai realistis, karena menurutnya, ditahun yang lalu saja capaian IZI melebihi dari target yang telah ditentukan oleh IZI pusat.

“Ditahun yang lalu, kami ditargetkan sebesar Rp. 500an juta. Alhamdulillah, melebihi dari target. Tahun yang lalu kami mengelola sebesar Rp. 650 juta,” tuturnya.

Dari Target Rp. 900 juta itu akan dibagi selama 12 bulan. Sedangkan dalam 12 bulan akan dibagi menjadi 2 marketer sehingga masing-masing marketer akan menangani sebesar Rp. 450 juta. Dana zakat Rp. 450 juta itu, nantinya akan dibedah setiap bulannya. “hitungannya nanti diakhir tahun,” imbuhnya.

Mantan Kepala Cabang PKPU Bogor ini, juga mengungkapkan telah menetapkan target sebesar Rp. 450 juta untuk dibulan suci ramadan, sedangkan sisanya diluar dari bulan ramadan. “Kurang lebih sebulannya mencapai Rp. 50 juta,” katanya.

Erdi menambahkan, dana zakat yang terkumpul dominasi dialokasikan untuk beasiswa masyarakat yang tidak mampu tetapi memiliki semangat untuk bersekolah. Sedangkan untuk pengelolaan usaha, kata Erdi, akan dilakukan pembaruan berupa pendataan kembali.

“Kalau program pengelolaan usaha, didukung dari pusat. pusat yang mengirimkan dana sedangkan kami mengirimkan data. Misalnya, didaerah membutuhkan apa? apakah berupa pemberian kaki palsu kepada penyandang difabel, sedekah gerobak, beasiswa dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Penulis: Ajmain Yusdin

Komentar