HomeCitizen JournalismJembatan Kali Wanggu Selesai Awal 2018

Jembatan Kali Wanggu Selesai Awal 2018

Citizen Journalism

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Jembatan empat jalur sungai Wanggu (Pasar Baru) ditargetkan dapat selesai pada awal 2018.

Pembangunan jembatan kali Wanggu ini untuk menggantikan jembatan lama dan sekaligus untuk mengurai kemacetan serta mengantispasi terjadinya banjir yang sering terjadi setiap tahun.

Pembangunan jembatan yang menelan dana APBN sebesar Rp 43 miliar ini dibangun untuk dua tahun anggaran yakni 2015 dan 2016. Nantinya, dalam penggunaannya akan disesuaikan dengan status jalan kota sehingga kendala-kendala kemacetan akibat penyempitan jalan, luapan air dan kekuatan konstruksi jembatan lama dapat diatasi.

“Melihat kondisi jembatan lama yang masih digunakan saat ini, saya berharap dengan selesainya pembangunan jembatan empat jalur yang diperkirakan akan rampung 2018 mendatang, dapat mengantisipasi kemacetan akibat penyempitan jalan dan mengatasi luapan air yang dapat menyebabkan banjir disekitar kali Wanggu,” ujar Rustam Khaidir, (18/10/17).

Untuk diketahui, panjang jembatan Wanggu yang akan beroperasi awal 2018 ini yakni 75 meter dengan panjang orbitan 650 meter dengan lebar 24 meter atau empat jalur.

Penulis: Harismunandar Naim
Mahasiswa Junalistik FISIP UHO