Kabupaten Konawe Pacu Luas Tambah Tanam Padi

oleh -215 views

Kunjungan PJ UPSUS Sulawesi Tenggara di Kabupaten Konawe. Foto: Istimewa

Konawe – Dalam upaya mempercepat luas tambah tanam padi, jagung, dan kedelai di Sulawesi Tenggara (Sultra), Kepala Balai Besar (BB) Penelitian Tanaman Padi Dr. Priatna Sasmita melakukan kunjungan ke Kabupaten Konawe.

Di Kabupaten Konawe, Ka BB Padi yang sekaligus Pj Upsus Sultra diterima Kadis Pertanian Kabupaten Konawe Ir. Syahruddin.

Syahrudin mengatakan, target tanam padi pada Agustus 2019 seluas 7134 ha optimis tercapai bahkan melebihi mengingat pada pertengahan bulan ini petani sudah mulai tanam seperti di Tongauna, Morosi, dan beberapa hamparan lainnya. Di Tongauna saja, lanjut Syahrudin, sudah tanam 2.000 ha lebih.

Menurut Kadis Konawe ini, salah satu kendala adalah ketersediaan benih. “Ini kendala klasik yang terjadi setiap musim,” tandasnya.

Foto: Istimewa

Menanggapi masalah benih, Dr. Priatna berpendapat, perlu ada pemberdayaan petani untuk mencukupi kebutuhan benih sendiri. Caranya dengan metode Satu Tiga, yaitu satu kali menggunakan benih bersertifikat untuk tiga kali tanam. Dalam konsep ini, petani perlu dibekali teknik menghasilkan benih seragam dan sehat (BS2).

Ditambahkan oleh Priatna, mengasilkan benih yang seragam dan sehat tekniknya mudah. “Benih ini hanya dipakai untuk kalangan sendiri dan tidak diperdagangkan,” tegas Priatna.

Dalam kunjungan tersebut, Dr. Priatna juga meninjau hamparan tanam padi di Tongauna dan memberikan apresiasi kepada petani yang telah tanam. Perlu diketahui bahwa, cara tanam petani di Tongauna sebagian besar tanam benih langsung (tabela) dan sebagian menanam dengan Atabela berlegowo.

bni/adv