KAMDA Sultra Serahkan Bantuan Rp 7 Juta untuk Rakyat Somalia dan Suriah

Sultra Raya223 views
Ketua DKP KAMDA Sultra Ali Hilma (Kanan) saat menyerahkan donasi kepada pengurus IZI Sultra Arsyil Salido (Kiri) / Foto : Istimewa

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Daerah (KAMDA) Sultra kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap Rakyat Somalia dan Suriah dengan menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 7.179.200.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Departemen Kebijakan Publik (DKP) KAMDA Ali Hilman kepada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sultra.

“Iya itu dari KAMDA Sultra yang serahkan donasi untuk Somalia dan Suriah. Totalnya semua 7 juta lebih,” terang Pengurus IZI Sultra Arsyil Salido dalam keterangan tertulisnya kepada portalsultracom, Kamis (4/4/2017).

Rincian donasi KAMDA Sultra yakni, untuk Somalia Rp 2.489.600 dan Suriah Rp 4.689.600.

Untuk diketahui, 2 negara ini sedang dilanda oleh krisis kemanusiaan dan konflik berkepanjangan.

Somalia sendiri dilanda oleh krisis kelaparan, kekeringan, dan juga kesehatan akut hingga kehancuran serta kematian yang menyayat hati.

Dimana 7 tahun lalu seperti dilaporkan oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), tak kurang dari 260.000 jiwa yang mati akibat krisis kelaparan.

Terbaru pada akhir Februari 2017, pemerintah Somalia mengeluarkan peringatan darurat yang berlaku di seluruh wilayahnya yakni darurat bencana kelaparan dan kekeringan.

Sementara untuk Rakyat Suriah sendiri dilanda oleh konflik yang berkepanjangan. Dimana masih segar dalam ingatan, sepanjang Desember 2016 lalu, rezim pemerintahan Suriah, yang dipimpin oleh Bashar al Assad telah melakukan pembantaian dengan menggunakan senjata kimia, dimana pada April 2017 merupakan serangan yang paling mematikan yang menewaskan sekira 100 orang.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar