Kepala BBP2TP Balitbangtan Tinjau Kesiapan Gelar Teknologi HPS ke-39 di Sultra

oleh -392 views

Kepala BBP2TP Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule M.Si saat meninjau lokasi gelar teknologi HPS di Kabupaten Konawe Selatan yang didampingi oleh peneliti BBP2TP dan Balitbangtan BPTP Sultra. Foto: Istimewa.

Kendari – Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule M.Si, didampingi Peneliti Utama BBP2TP melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka meninjau persiapan pelaksanaan gelar teknologi HPS ke-39 di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kunjungan kerja diawali dengan ramah tamah bersama seluruh karyawan Balitbangtan BPTP Sultra yang didampingi oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Ir. Muh. Asaad M.Sc, Kasubag Tata Usaha, Koordinator Program dan Evaluasi dan Peneliti Utama BBP2TP. Kegiatan dilaksanakan di Aula Balitbangtan BPTP Sultra, Kamis (11/7/2019).

Kaongke-Ongkea Kopi Robusta

Baca juga: Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

Kepala BBP2TP didampingi Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, saat ramah tamah dengan seluruh karyawan Balitbangtan BPTP Sultra. Foto: Istimewa.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad M.Sc, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Kepala BBP2TP Balitbangtan. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan motivasi pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam melakukan pelayanann kepada masyarakat untuk mewujudkan reformasi birokrasi dilingkungan Balitbangtan BPTP Sultra.

Baca juga: Litbang Kementan Siap Sukseskan Hari Pangan Sedunia ke-39 di Sultra

Kepala BBP2TP Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule M.Si, dalam arahannya menyampaikan, sebagai ujung tombak kegiatan penelitian dan pengembangan di daerah, BPTP harus dapat mensosialisasikan keberadaanya kepada pemerintah daerah dengan selalu melakukan diseminasi inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian. Terdapat beberapa hasil inovasi teknologi terbaru yang relevan dengan era pertanian 4.0 yang harus diketahui dan diterapkan oleh masyarakat secara luas.

Kepala BBP2TP saat meninjau lokasi gelar teknologi HPS di Desa Pudambu, Angata, Konsel. Foto: Istimewa.

“Untuk mendukung terselenggaranya tupoksi Balitbangtan, program utama yang dilakukan adalah peningkatan Kuliatas SDM yang ada di BPTP, karena SDM merupakan hal yang penting dalam mewujudkan kinerja yang berkualitas menuju pelaksanaan reformasi birokrasi yang lebih baik. Balitbangtan BPTP Sultra agar selalu mensosialisasikan tentang reformasi birokrasi dilingkungan kerjanya disetiap kegiatan yang dilakukan,” kata Muhammad Taufiq.

Ia berharap seluruh staf Balitbangtan BPTP Sultra dapat meningkatkan koordinasi, sehingga inovasi teknologi yang dihasilkan mampu membawa pertanian Indonesia lebih maju dan bersaing secara global.

Baca juga: Tim Litbang Kementan Lakukan Pendampingan Teknologi SUT Kakao

Foto: Istimewa.

Kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan meninjau lokasi pelaksanan gelar teknologi HPS di Desa Pudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan, yang merupakam agenda utama dari Kepala BBP2TP. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat kegiatan yang telah dilaksanakan dalam persiapan pelaksanaan gelar teknologi HPS, karena gelar teknologi merupakan tanggung jawab dari Badan Litbang Kementerian Pertanian.

Selain ke lokasi gelar teknologi, tanggal (10/7/2019) Kepala BBP2TP juga melakukan kunjungan ke Kebun Percobaan (KP) Wawotobi yang didampingi oleh Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad M.Sc dan Kepala Seksi KSPP BPTP Balitbangtan Sultra Dr. Abdul Wahab SP.,MP, untuk monitoring dan evaluasi Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS).

Kunjungan Kepala BBP2TP ke Kebun Percobaan Wawotobi. Foto: Istimewa.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala BBP2TP menyampaikan target dan fungsi KP Wawotobi sebagai UPBS yang harus dimaksimalkan untuk menyediakan kebutuhan benih unggul Balitbangtan yang bermutu bagi masyarakat di Sultra. (Adv)