Kepala BNPB dan Komisi VIII DPR RI Kunjungi Korban Banjir di Konut

Sultra Raya343 views

Dari kanan: Bupati Konawe Utara Ruksamin, Gubernur Sultra Ali Mazi, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Munardo, Ketua Komis VIII M. Ali Taher, Danrem 143/HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, Dandim 1417/Kdi Letkol. Cpn. Fajar Lutfi Haris Wijaya. Foto: Penrem 143/HO.

Kendari – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo dan Tim Kunjungan Kerja Spesifik yang dipimpin Ketua Komisi VIII DPR RI M. Ali taher mengunjungi korban banjir di Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (23/6/2019).

Rombongan tiba di Konut dengan menggunakan Helly Bell 412 dan Helly BNPB. Terdiri dari Gubernur Sultra, Danrem 143/HO, Dandim 1417/Kdi, Korspri Kepala BNPB Budi Irawan, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan S, dan Anggota Komisi VIII DPR RI; Endang Maria, Diah Pitaloka, Djafer Shodiq, Ruskati, dan Samsu Niang.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Korban Banjir di Konut

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BNPB Doni Munardo memberikan apresiasi kepada Bupati Konawe Utara yang dengan sigap melakukan penanggulangan bencana banjir.

Selaku Kepala penanggulangan bencana, ia mengatakan bahwa, selalu melaporkan kepada Presiden tentang kondisi di wilayah Konawe Utara pasca dilanda banjir.

“Kita akan membentuk tim gabungan untuk mengetahui bagaimana banjir di Konawe Utara bisa terjadi, apakah ada indikasi aktivitas pertambangan atau tidak. Saya menginstruksikan kepada pemerintah daerah selalu membuat konsep untuk mengantisipasi ancaman-ancaman musibah yang terjadi di wilayah kita,” terang Doni sebagaimana yang disampaikan Penrem 143/HO dalam keterangan tertulis.

Kepala BNPB Doni Munardo dan Ketua Komisi VIII DPR RI M. Ali Taher saat meninjau lokasi pengungsian korban banjir di Konawe Utara. Foto: Penrem 143/HO.

Ketua Komisi VIII DPR RI  M. Ali Taher menyampaikan bahwa, kunjungan ini sengaja dilakukan sebagai respon atas bencana banjir yang melanda Konawe Utara.

“Kami sudah melakukan upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Konawe Utara, kami akan lakukan rapat setelah kunjungan ini untuk membahas bagaimana langkah pasca bencana alam di Konawe Utara,” bebernya.

“Untuk masyarakat Konawe Utara mari kita sama-sama membangun Konawe Utara agar segera bangkit kembali,” lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi, sangat mengapresiasi kinerja Bupati Konawe Utara yang menurutnya siang dan malam berkerja untuk membantu masyarakat Konawe Utara.

“Kami selaku pemerintah provinsi akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat kami khususnya di Konawe Utara. Terima kasih juga kepada jajaran TNI-Polri yang sudah bekerja keras dalam meringankan beban masyarakat di Konawe Utara,” kata gubernur.

“Musibah yang terjadi di Konawe Utara adalah musibah kita bersama, untuk itu mari kita sama-sama membangkitkan semangat setelah apa yang telah menimpa kita,” imbuhnya.     

Bupati Konut Ruksamin dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat terkhusus Kepala BNPB yang terhitung sudah dua kali mengunjungi wilayahnya selama terkena bencana banjir.

“Bencana di Kabupaten Konawe Utara bukan kali pertama terjadi tetapi pernah terjadi di tahun 1977 tetapi tidak sebesar sekarang ini. Bantuan logistik yang telah terdistribusi Alhamdulillah sangat membantu warga kami, dan sampai hari ini masih terus mengalir di Konawe Utara,” ungkap Ruksamin.

Dalam kunjungan ini, Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pemerintah Konawe Utara serta meninjau lokasi pengungsian korban banjir di Desa Tangguluri.

bni/bni

Komentar