Konser Kebangsaan HUT Kota Kendari ke 186, Disiarkan di Seluruh Indonesia

Metro273 views
Sekda Kota Kendari Alamsyah Latunani (keempat dari kanan) bersama Dirut RRI M Rohanuddin (tengah baju putih) dan sejumlah artis ibu kota dalam konferensi pers konser kebangsaan

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Konser Kebangsaan bertajuk “Indonesia Jaya” yang akan diselenggarakan di Taman Kantor Walikota Kendari pada Selasa (25/4/2017), akan disiarkan langsung di 92 stasiun RRI di seluruh Indonesia. Program acara pertunjukan musik yang dikemas dalam bentuk variety show menghadirkan artis papan atas Indonesia dan para juara bintang radio Indonesia.

Dipilihnya Kota Kendari sebagai salah satu kota yang menyelenggarakan konser kebangsaan karena Kota Kendari dinilai sebagai bagian dari miniatur Indonesia.

Sekda Kota Kendari Alamsyah Lotunani dalam sambutannya mengapresiasi atas kerja sama yang telah dijalin antara Pemkot Kendari bersama RRI, kerjasama yang dibangun juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Kendari ke-186.

Penduduk Kota Kendari berjumlah sekitar 330 ribuan jiwa yang terdiri dari beberapa suku yang berbeda-beda sehingga disebut Indonesia mini.

“Kita ingin melaksanakan ketaatan kita terhadap budaya. Dengan etnis yang berbeda-beda, kita ingin menampilkan budaya yang dapat menyatukan dari berbagai perbedaan,” katanya.

Ditempat yang sama, Dirut RRI M Rohanuddin mengungkapkan, konser kebangsaan hadir disebabkan oleh situasi bangsa yang selalu diperhadapkan berbagai konflik, baik konflik vertikal maupun horizontal.

“Konflik ini akan terus terjadi di negara multikultural, negara yang penuh dengan kemajemukan,” ungkapnya di hadapan awak media.

Sebagai penyiaran publik RRI tidak diperbolehkan membuat kegaduhan dalam siarannya, tetapi selalu menampilkan kesejukan dan kedamaian.

Menurut Rohanuddin, kegiatan ini bertujuan untuk menyasar anak muda di Indonesia agar bisa memahami keindonesiaan. Olehnya itu, RRI dalam konser kebangsaan tersebut akan menampilkan penyanyi yang bernafaskan anak muda dan memiliki popularitas yang bagus.

“Tujuannya adalah mempersatukan bangsa Indonesia melalui lagu. Lagu yang akan ditampilkan juga akan bernafaskan nasionalisme. RRI harus selalu menampilkan yang berbeda dalam bingkai kebersamaan,” ucapnya.

Perlu diketahui, penyanyi dan musisi yang terlibat dalam acara ini antara lain Bastian, Virzha, Nowela, serta juara Bintang Radio Indonesia terbaik pertama Andi Rizkha FM dari Kendari dan terbaik kedua Apricilia dari Makassar, juara Bintang Radio ASEAN 2016 Debora Febricia Romauli dan juara Bintang Radio ASEAN 2015 Billy Wino Talahatu.

Dalam konser tersebut, Bastian akan membawakan dua lagu, Virza tiga lagu yaitu dua lagu sendiri dan satu lagu kebangsaan dengan judul Indonesia Pusaka sedangkan Nowela akan membawakan empat lagu.

Penulis : Ajmain Yusdin

Komentar