KPU Kendari Sukses Uji Coba Aplikasi Situng

Politik232 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, sukses melakukan uji coba aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), Jumat (6/1). Aplikasi situng tersebut diuji coba secara serentak diseluruh wilayah Indonesia yang akan menyelenggarakan Pilkada pada 15 Februari 2017

Komisioner KPU Kota Kendari Zainal Abidin saat ditemui diruang kerjanya menyampaikan, KPU Kendari melakukan uji coba pada 40 TPS.

“Kami melakukan uji coba di 40 TPS yang tersebar di 10 kelurahan pada tiga kecamatan,”terangnya.

Lanjut, Zainal menyampaikan, target KPU sendiri yakni dengan adanya aplikasi situng maka proses perhitungan suara di 520 TPS bisa terpublikasi paling lambat tiga hari setelah hari H pencoblosan.

“Target kita paling lambat tiga hari pasca pemilihan Walikota Kendari, semua data sudah terpublikasi,”ujarnya.

Ada tiga Materi uji coba, yang akan dilakuan KPU, pertama melakukan scan, scan form C1 sebanyak 10 TPS, scan form DAA dari 3 kelurahan, dan scan form DA1 sebanyak 3 kecamatan.  Kedua Melakukan Entry Data, form C1 sebanyak 10 TPS, Ketiga Pengiriman Data, scan  form C1 sebanyak 5 sampai 10 TPS via aplikasi (internet), entry data form C1 sebanyak 5 sampai 10 TPS via (internet) dan scan DAA dan DA1 via email.

Data yang masuk ke KPU, sebelum diunggah ke website, pihaknya harus melakukan entry pada setiap sertifikat hasil penghitungan perolehan suara (Form C1) di TPS, setelah itu dilakukan proses pindai dan langsung diupload.

 

Editor  : Hermawan Lambotoe

 

 

 

 

Komentar