Litanto Sebut Telah Kantongi 5 Nama Kandidat Calon Wakil di Pilkada Konawe, Siapa Mereka?

Politik369 views
H. Litanto, SH., M.Si

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Salah seorang kandidat Calon Bupati Konawe Litanto mengungkapkan jika telah mengantongi 5 nama kandidat yang akan dibidik sebagai wakil mendampingi dirinya dalam bursa Pemilihan Bupati (Pilbup) di Kabupaten Konawe pada 2018 mendatang.

“Untuk wakil itu sekarang, ada teman-teman, mereka Ibu Muliati, H Alaudin, Pak Irawan, Adi Jaya, yang jelas untuk wakil sudah mulai saya pertimbangkan, tinggal kita komunikasikan, termasuk Muhardin. Itu semua jadi teropong kami. Jadi ada 5, nanti kita lihat, kira-kira yang pasnya itu siapa,” ungkap Litanto pada Kamis malam (13/4/2017) di Gedung Paripurna DPRD Sultra.

Saat ini, kata Litanto, telah mengkomunikasikan dengan ke 5 calon yang ia sebutkan. “Saya sudah komunikasi dengan mereka,” katanya.

Terkait dengan apa yang dibicarakan, Litanto menjelaskan bahwa, pada intinya mengenai bagaimana kedepan dalam membangun Kabupaten Konawe ke arah yang lebih baik. “Terkait dengan konsep bagaimana kedepan kita membangun Konawe yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Sedangkan apakah dari ke 5 calon tersebut telah ada yang mengerucut, ia belum memastikan. Sebab, kata dia, meski keputusan sepenuhnya diberikan kepadanya, tetapi, segala sesuatunya tetap harus dilaporkan kepada partai. Dalam hal ini PDI Perjuangan.

“Saya menyadari diri juga bahwa, dalam mengambil keputusan, saya harus melaporkan kembali kepada partai. Dalam hal ini, agar partai juga dapat mempertimbangkan untuk memberikan rekomendasi. Artinya dikembalikan kepada partai, tapi semua ini diserahkan kepada saya, tinggal saya menyampaikan kepada partai, siapa sebenarnya yang terbaik,” terangnya.

Meski demikian, Anggota DPRD Dapil Konawe-Konawe Utara ini menyadari bahwa, jumlah kursi PDIP di DPRD konawe hanya 4 kursi. Sehingga masih membutuhkan 2 kursi untuk dapat mengusung seorang calon Bupati dan Wakil Bupati.

Baca Juga : Maju di Pilbup Konawe, Litanto: Insya Allah Saya Sudah Siap Lahir Batin

“Karena posisi PDI Perjuangan di Kabupaten Konawe saat ini, kami baru memperoleh 4 kursi. Sehingga kita masih butuh untuk satu pintu itu, 2 kursi lagi. Dengan pertimbangan-pertimbangan itu, termasuk daerah dan wilayah. Karena kita itu kan, bertarung untuk menang. Makanya kita persiapkan juga wakil yang punya elektabilitas yang lebih bagus,” paparnya.

Sementara untuk Partai Politik yang akan diajak untuk berkoalisi, Litanto menyebutkan bahwa sejauh ini dirinya telah membangun komunikasi dengan semua partai. “Saya sudah membangun juga komunikasi dengan teman-teman dari partai lain. Dari Golkar, PBB, PKS, dan lainnya,” Sebutnya.

“Insya Allah semua partai terbuka untuk saya,” Imbuhnya.

Mengenai incumbent yang akan kembali bertarung di Pilkada Konawe, ia merasa bahwa, sosok incumbent atau petahana bukanlah sesuatu yang luar biasa. Karena menurutnya, masyarakat Konawe yang akan menentukan sendiri pilihannya.

“Saya fikir, kalau masalah incumbent bukan menjadi sesuatu hal yang luar biasa. Yah pada akhirnya, rakyat Konawelah yang akan menilai,” ulasnya.

“Saya fikir incumbent adalah teman. Semua yang akan maju ini juga adalah teman, kita komunikasi dan semua bagus. Tinggal bagaimana, rakyatlah yang harus menilai, siapa yang terbaik dipilih untuk mempin mereka,” tambahnya.

Bahkan Litanto yang 5 tahun lalu juga adalah kandidat kuat Calon Bupati yang berpasangan dengan Syamsul Ibrahim menyampaikan, jika banyaknya figur yang muncul jelang pelaksanaan Pilkada Konawe, adalah bentuk kesyukuran, karena ke semua itu ialah kader-kader terbaik asal Kabupaten Konawe.

“Saya sampaikan bahwa, dengan munculnya baliho beberapa teman menjelang Pilkada Konawe, ini kesyukuran bahwa mereka adalah kader-kader terbaik Konawe. Makanya saya sampaikan juga kepada mereka, mari kita serahkan kepada rakyat untuk memilih siapa yang terbaik,” pungkasnya.

Penulis: Benny Syaputra Laponangi

Komentar