Litbang Kementan Siap Sukseskan Hari Pangan Sedunia ke-39 di Sultra

oleh -158 views

Rapat persiapan HPS yang dipimpin oleh Pj. Sekda Sultra La Ode Mustari dan turut dihadiri Dirjen Hortikultura Kementan Suwandi. Foto: istimewa.

Kendari – Tim Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) menghadiri rapat pleno ketiga persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Rapat dipimpin oleh Pj. Sekretaris Daerah (sekda) Sultra La Ode Mustari, yang dihadiri Dirjen Hortikultura Kementan Suwandi, perwakilan Polda Sultra, Wakil Bupati Muna Barat, OPD provinsi dan kabupaten se-Sultra, serta eselon dua, tiga, dan empat lingkup Kementan, Jumat (28/6/2019).

Baca juga: BPTP Balitbangtan Sultra Gelar Rakor UPSUS dan Persiapan Gelar Teknologi HPS ke-39

Beras Merah Tani Butuni

Dirjen Hortikultura Kementan Suwandi mewakili Menteri Pertanian (Mentan) mengatakan, kesiapan Sultra sebagai tuan rumah HPS tahun ini sudah final setelah Mentan melalui surat keputusan nomor 427 tahun 2019 menetapkan Sultra sebagai penyelenggara HPS ke-39.

“Terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan diantaranya pameran yang tentunya diikuti seluruh provinsi dan kabupaten/kota, seminar, diplomatik tour, gelar teknologi pertanian, panen raya, dan lomba hasil pertanian dan perkebunan serta masih banyak lagi,” ujarnya.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad, M.Sc memaparkan progres kesiapan pelaksanaan HPS ke-39 di Sultra. Foto: istimewa.

HPS 2019 yang akan dihadiri Presiden RI direncanakan berlangsung pada 23-26 Oktober 2019, sehingga kesiapan Sultra sebagai tuan rumah mulai saat ini hingga menjelang hari pelaksanaan, lanjut Suwandi, harus benar-benar sudah siap.

Baca juga: Kementan Salurkan Bantuan Korban Banjir di Sultra

Pejabat Sekda Sultra La Ode Mustari mengatakan, kesiapan Sultra sebagai tuan rumah penyelengaraan HPS harus terlaksana dengan baik terutama sarana hotel, akses jalan menuju lokasi tempat kegiatan pameran serta kegiatan gelar teknologi dan panen raya tanaman kakao.

Rapat persiapan pelaksanaan HPS ke-39 di Sultra. Foto: istimewa.

“Kegiatan HPS yang diselengarakan nantinya akan dihadiri puluhan ribu peserta dari seluruh provinsi, kabupaten/kota serta beberapa duta besar perwakilan negara di dunia,” kata Mustari.

“Saya berharap para pejabat Forkopimda Sultra, bupati dan wali kota se-Sultra yang hadir pada hari ini, ikut ambil bagian sesuai dengan fungsi dan tanggung jawabnya dalam kepanitaan yang sudah dibentuk bersama dengan Kementerian Pertanian,” tuturnya.

Baca juga: Konsel Kembangkan VUB Inpari 42 dan 43 Agritan GSR

Rapat persiapan pelaksanaan HPS ke-39 di Sultra. Foto: istimewa.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad, M.Sc mewakili Litbang Kementan menyampaikan progres kesiapan pelaksanaan gelar teknologi pertanian yang telah dan akan dilaksanakan. Pihaknya bersama tim litbang sudah mulai bekerja untuk mempersiapkan gelar teknologi, sehingga pada saat gelar dan panen raya, tanaman kakao tumbuh dan berbuah dengan baik.

“Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya; penentuan lokasi pelaksanaan gelar teknologi di Desa Puudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konsel; sosialisasi dan survey; rapat bersama Bupati Konsel; monitoring calon lokasi gelar teknologi; penentuan komponen teknologi kakao; dan pembuatan jadwal harian persiapan pelaksanaan gelar teknologi pertanian,” ungkap Muh. Asaad.

Rapat diakhiri dengan pemaparan kesiapan masing-masing bidang dalam pelaksanaan HPS. (Adv)