Litbang Kementan Siap Sukseskan HPS ke-39

oleh -53 views

Kepala BBP2TP Kementan Taufiq Ratule (kiri), Pj Sekda Sultra La Ode Mastari (kedua dari kanan) saat menghadiri rapat pleno HPS ke-39. Foto: Istimewa.

Kendari – Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 akan diselenggarakan pada 2-5 November 2019 di Sulawesi Tenggara (Sultra). Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Gelar Teknologi Pertanian di Desa Pudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan. Litbang Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan panitia pusat pelaksanaan kegiatan gelar teknologi pertanian.

Baca juga: Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

Kaongke-Ongkea Kopi Robusta

Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara melaksanakan rapat pleno HPS ke-39 di Restoran Fajar Kendari, Kamis (12/9). Rapat dipimpin oleh Pj. Sekda Sultra La Ode Mustari yang didampingi Direktur Buah dan Florikultura Direktorat Jenderal Hortikultura, Kepala BBP2TP Dr. Ir. M. Taufiq Ratule, M.Si dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra.

Rapat itu juga dihadiri beberapa kepala daerah se-Sultra, panitia pusat, dan daerah. Agenda rapat mendengarkan laporan dari masing-masing bidang baik panitia pusat maupun daerah.

Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Muh Asaad saat hadir di rapat pleno HPS. Foto: Istimewa.

Kepala BBP2TP Kementan yang mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. M. Taufiq Ratule, M.Si menyampaikan bahwa, persiapan pelaksanaan gelar teknologi pertanian sudah pada tahap pelaksanaan dan pemeliharaan tanaman kakao, pajale, KRPL dan integrasi ternak dan kakao serta penyiapan lahan 3 hektar sebagai lokasi pelaksanaan acara gelar teknologi.

Baca juga: Kepala BBP2TP Balitbangtan Tinjau Kesiapan Gelar Teknologi HPS ke-39 di Sultra

Kepala BBP2TP Kementan Taufiq Ratule (kiri) saat foto bersama dengan panitia HPS. Foto: Istimewa.

“Pada gelar teknologi komoditas utama yang akan ditampilkan adalah tanaman kakao, walaupun pada bulan November bukan merupakan musim berbuah tanaman kakao. Namun dengan kerja tim Litbang Pertanian sejak bulan Juni dengan sentuhan teknologi, kami optimis tanaman kakao akan berbuah dengan banyak dan dapat dipanen pada saat acara puncak gelar teknologi,” kata Taufiq.

Kepala BBP2TP saat diskusi bersama Tim Litbang Kementan dan Petani dalam persiapan pelaksanaan gelar teknologi pertanian HPS ke-39 di Konawe Selatan. Foto: Istimewa.

“Selain tanaman kakao terdapat beberapa kegiatan yang akan ditampilkan dalam pelaksanaan gelar teknologi diantaranya gelar teknologi pajale, integrasi ternak dan kakao, display KRPL/Opal dan display hasil olahan dan produksi tanaman kakao dan olahan lainnya,” sambungnya.

Baca juga: Mantapkan Gelar Teknologi HPS ke-39, Tim Litbang Laksanakan Rapat Koordinasi

Foto: Istimewa.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra Ir. Muh. Asaad, M.Sc menambahkan bahwa, untuk saat ini tim litbang pertanian terus bekerja mempersiapkan pelaksanaan gelar teknologi pertanian dengan melakukan perawatan tanaman, pembangunan kandang, dan penanaman tanaman di sekitar lahan 3 hektar.

Baca juga: Bupati Koltim Pimpin Rakor Bidang Gelar Teknologi HPS ke-39

Foto: Istimewa.

“Hari ini kami bersama tim Balitbangtan BPTP Sultra bersama kepala BBP2TP Kementan meninjau lokasi persiapan pelaksanaan gelar teknologi,” ungkap Muh. Asaad, Jumat (13/9/2019).

bni/adv