Maju di Pilgub, Asrun Ingin Wujudkan Satu Desa Satu Produk Unggulan

Sultra Raya209 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun, punya gagasan tersendiri mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Sultra. Dimana dirinya ingin mewujudkan satu desa dengan satu produk unggulan.

Walikota Kendari dua periode ini menyampaikan bahwa, UMKM perlu kiranya mendapatkan perhatian dari pemerintah. Karena itu, kedepan, kata Asrun, perlu ada gagasan untuk membangkitkan UMKM Sultra.

“Jadi ada baiknya, kedepan kita pikirkan agar desa yang ada di Sultra punya produk unggulan,”terangnya, Minggu (26/3/2017).

Untuk mewujudkan itu, sambung Asrun, pemerintah perlu menyediakan wadahnya. Misalnya, pembiayaan melalui koperasi. Dikatakannya, berkaca di Kota Kendari, semenjak dirinya menjadi walikota, pihaknya langsung menyediakan BLUD yang dikhususkan untuk membiayai masyarakat yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, tugas yang mesti dilakukan pemerintah setelah menyediakan modal, tambah Asrun, pemerintah perlu memikirkan pemasaran produk. Sehingga masyarakat yang sudah punya produk unggulan, tidak pusing lagi memikirkan penjualan produk yang mereka hasilkan.

“Selain menyediakan modal, pemerintah juga perlu terlibat untuk memasarkan produk dari masyarakat,”ujarnya.

Asrun juga menyampaikan, dalam UMKM, pemerintah juga perlu memikirkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingg UMKM yang didukung dengan SDM mumpuni akan mampu menghadirkan daya saing bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Penulis : Hermawan Lambotoe.

Komentar