HomeCitizen JournalismManfaatkan Momen Ramadhan, Kawan SLI Gelar Pesantren Literasi

Manfaatkan Momen Ramadhan, Kawan SLI Gelar Pesantren Literasi

Citizen Journalism

ANDOOLO, PORTALSULTRA.COM – Memanfaatkan momentum bulan suci Ramdhan, Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (Kawan SLI) menggelar Pesantren Literasi yang dilakukan di 6 (enam) sekolah dampingan, salah satunya ialah di SDN 2 Tinanggea.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu dari 5 sampai 7 Juni 2017 dipusatkan di Masjid Nurul Falah, Kelurahan Ngapaaha, Kecamatan Tinanggea.

Pesantren Literasi yang dilakukan oleh Kawan SLI, tidak hanya diisi dengan kegiatan ceramah saja, tetapi juga diisi dengan kegiatan yang bernuansa literasi yaitu berupa kegiatan sambung ayat dan susun kata.

Kegiatan literasi yang dilakukan pun tidak terlepas dari nuansa keagaaman, misalnya saja kegiatan susun kata menjadi kalimat doa.

“Kegiatan Pesantren Literasi ini dilakukan tidak hanya bertujuan meningkatkan kemampuan keagamaan siswa, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi pada siswa,” jelas Ayu Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia yang ditempatkan di wilayah Konawe Selatan, Minggu (12/6/2017).

Dalam mengikuti kegiatan Pesantren Literasi, siswa-siswi SDN 2 Tinanggea sangat antusias dan bersemangat. Semua ini terlihat saat mereka mengikuti kegiatan, mereka selalu datang lebih awal dan ketika kegiatan berlangsung mereka aktif bertanya serta semangat mengerjakan tugas yang diberikan oleh Kawan SLI.

“Harapannya kegiatan Pesantren Literasi ini tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja, tetapi juga dapat dilakukan pada bulan-bulan biasa dan diharapkan juga Pesantren Literasi ini dapat menjadi stimulus untuk para siswa lebih menyukai dunia literasi,” pungkasnya.

Penulis: Ayu Uswah Munjiah
Konsultan Relawan SLI Dompet Dhuafa, Penempatan Kabupaten Konawe Selatan