Mengenal Marsina, Nenek Berumur 107 Tahun Hidup di Zaman Soekarno Hingga Kini di Era Jokowi

Khazanah419 views
Marsina

KENDARI,PORTALSULTRA.COM Nenek yang akrab di sapa mba Marsina ini tinggal di Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, tepatnya di lorong Salangga depan kampus baru ini memiliki umur yang luar biasa fantastis yaitu 107 tahun.

Sehari-hari mbah Marina selalu menyempatkan dirinya untuk berkunjung ke semua cucu dan buyut-buyutnya yang menetap di kota Kendari.

Menurut Susilowati (31) yang merupakan salah satu buyutnya mengatakan mbah Marina masih merasakan kepemimpinan Presiden Soekarno sampai kepemimpinan Presiden Jokowi.

Kata Susilowati, Marsina biasa kalau waktu senggangnya sering bercerita tentang masa lalunya. Dimana masih mencicipi zaman penjajahan di era Soekarno, pada saat itu, Marsina yang masih berumur belia, mau tidak mau harus masuk hutan mengikuti kedua orang tuanya karena takut dengan siksaan para penjajah.

“Itu mbah dia masih rasakan kepemimpinannya presiden Soekarno sampai presiden Jokowi. Dia pernah juga cerita tentang penjajahan yang dia alamai pada saat belanda menjajah,” ujarnya Senin(27/3/2017).

Saat ini, sambung Susilowati,  di usia Marsina yang ke-107 ia masih aktif mengerjakan beberapa pekerjaan rumah seperti mencuci pakain.

“Itu mbah kalau dirumah tidak mau dilarang kadang biar kita mau cucikan pakaiannya dia tidak mau,” tambahnya.

Tercatat mbah Marina mempunyai 3 orang anak, 8 cucu, dan 18 buyut. Yang mana diantaranya ada yang sudah meninggal dunia.

  • Reporter : Rafaldi
  • Editor      : Hermawan Lambotoe

Komentar