Mensos Khofifah Ajak IAIN Kendari Berperan Aktif dalam Upaya Penanganan Masalah Sosial dan Penguatan Desa

Metro240 views

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Peran intelektual sangat besar dalam agenda pembangunan nasional sebagai penggerak dan pengawal kemajuan bangsa. Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, dalam kuliah umum bertema Urgensi Peran Perguruan Tinggi Islam dalam Menanggulangi Masalah-masalah Sosial di Auditorium IAIN Kendari.

“Peran intelektual sangat besar dalam agenda pembangunan nasional, sebagai penggerak dan pengawal kemajuan bangsa. Kampus menjadi energi besar dalam mengupayakan penanganan masalah sosial yang dihadapi bangsa ini,” ungkap Menteri Sosial RI Khofifah Indah Parawansa, Jumat (14/3/2017).

“Penanganan masalah sosial tidak cukup hanya dilandasi oleh keterpanggilan untuk mengabdi karena kepedulian terhadap sesama. Tetapi juga harus dilandasi dengan ilmu pengetahuan,” Imbuhnya

Khofifah menuturkan, ada lima ribu desa tertinggal yang menurut RPJMN di tahun 2019 harus menjadi desa mandiri. Kemensos baru melakukan kerjasama dengan 17 perguruan tinggi. Pihaknya sudah melakukan upaya penanganan masalah sosial melalui  FGD dan seterusnya, nanti dipetakkan berbasis KKN yang dilakukan oleh mahasiswa perguruan tinggi.

“Saya sudah sampaikan kepada Pak Rektor, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini Kementerian Sosial akan melakukan MoU dengan IAIN Kendari, supaya program terkait penguatan pedesaan bisa kita lakukan,” jelas Khofifah.

Terkait hal itu, Rektor IAIN Kendari Nur Alim menyampaikan, apresiasi dan kesiapannya untuk bersinergi dengan Kemensos RI.

“Kehadiran menteri sekaligus menjadi motivasi dan inspirasi bagi IAIN Kendari khususnya bagi kami pengelola utama. Dan kami sangat ingin IAIN mengambil peran konstruktif menangani masalah-masalah sosial di negeri ini,” kata Nur Alim dihadapan peserta Stadium General yang dihadiri oleh Mensos RI.

Diketahui sebelumnya Mensos RI, memiliki beberapa agenda selama di Kendari diantaranya ialah mengisi Stadium Genral di Kampus IAIN Kendari, kunjungan ke media lokal, melantik PWNU Sultra, pencairan PKH di Aula Bertakwa Kendari, dan meninjau Panti Sosial Bina Rungu Wacara (PSBRW) Meohai.

Dijadwalkan, hari ini juga pasca melakukan kunjungan kerja, Mensos RI Khofifah akan langsung bertolak untuk kembali ke Jakarta.

Reporter: Rahma Wolio
Editor: Benny Syaputra Laponangi

Komentar