Mensos : Tahun Depan Penerima KKS Naik 4 Juta Jiwa

Metro214 views
Menteri Sosial RI, Hj Khofifah Indar Parawansa

KENDARI, PORTALSULTRA.COM – Penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di tahun 2018 akan dinaikkan sebanyak 4 juta jiwa. Hal ini disampaikan Mensos RI Hj Khofifah Indar Parawansa usai menyalurkaan bantuan non tunai PKH Kota Kendari tahun 2017 di Aula Bertaqwa, Jumat (14/4/2017).

Untuk saat ini jumlah penerima manfaat sebanyak 6 juta jiwa di seluruh Indonesia, jika dilakukan penambahan pada tahun 2018 total keseluruhan menjadi 10 juta jiwa.

“Insya Allah tahun depan menjadi 10 juta jiwa, penerima manfaat,” ungkapnya di hadapan wartawan.

Jumlah nominal yang diterima penerima manfaat saat ini sebanyak Rp 1.890.000 per jiwa untuk 1 tahun, dan akan dicairkan sebanyak empat kali.

Baca Juga : Mensos Khofifah Ajak IAIN Kendari Berperan Aktif dalam Upaya Penanganan Masalah Sosial dan Penguatan Desa

Tahap pertama cair Rp 500 ribu, kedua bulan Juni cair Rp 500 ribu, ketiga bulan September cair lagi Rp 450 ribu dan berikutnya cair di bulan November-Desember.

Istri dari Ir H Indar Parawansa ini mengatakan, peningkatan jumlah nominal yang diterima penerima manfaat tidak lepas dari jumlah APBN. Oleh karena itu, seluruh keputusan tergantung pemerintah. “Kenaikan nominalnya bukan Kemensos tetapi pemerintah,” kata Khofifah.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Raden Harry Hikmat menambahkan, di Indonesia terdapat kepala daerah yang mendukung pelaksanaan PKH dan salah satunya Pemkot Kendari.

Baca Juga : Menteri Khofifah Salurkan Bantuan Sosial Non Tunai PKH Kota Kendari 2017

“Pemkot Kendari telah mendukung pelaksanaan PKH dengan dana sharing sekitar Rp 140 juta untuk keperluan operasional per bulan sedangkan pendamping dan operator sekitar Rp 300 ribu,” terangnya.

Penulis : Ajmain Yusdin

Komentar