Mentan Panen Padi Varietas Inpari 40 di Kabupaten Konawe

oleh -179 views

Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Foto: istimewa.

Konawe – Menteri Pertanian (Mentan) Dr Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Konawe, setelah kemarin di Kabupaten Muna. Dalam kunker tersebut, Mentan didampingi Dirjen Perkebunan Dr Kasdi Subagyono dan Staf Ahli Mentan Bidang Bioindustri Ir. Bambang MM, melakukan panen padi varietas unggul Inpari 40 seluas 1.5 ha dari hamparan seluas 1.600 ha di Kecamatan Uepay, Kabupaten Konawe, Rabu (29/5/2019).

Baca juga: Sultra Tuan Rumah Hari Pangan Sedunia ke-39

Menteri Pertanian Amran Sulaiman berdialog dengan petani. Foto: istimewa.

Kegiatan panen ini dihadiri oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Bupati Konawe Utara Ruksamin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Kepala Dinas Perkebunan Sultra, Kepala Balitbangtan BPTP Sultra, Kepala SKPD Kabupaten Konawe, Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Konawe, Peneliti, Penyuluh Balitbangtan BPTP Sultra, serta masyarakat tani.

Baca juga: Membangun Integritas ASN, Inspektur Jenderal Kunjungi UPT Kementan di Sultra

Menteri Pertanian Amran Sulaiman melihat langsung proses panen padi. Foto: istimewa.

Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mentan yang telah menyempatkan waktunya untuk melakukan kunker serta panen padi di Kecamatan Uepay. Bupati Konawe meminta kepada Mentan untuk memberikan perhatian yang lebih kepada Konawe, mengingat Konawe memiliki program Gerakan Sejuta Ton Beras dan Sejuta Ekor Sapi.

Baca juga: Kunjungan Kerja Kepala Badan Litbang Pertanian di Sultra

Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa, dan Kadis Distanak Provinsi Sultra Muhammad Nasir. Foto: istimewa.

Dalam rangkaian kunker ini, Mentan melakukan dialog dengan petani dan penyuluh pertanian. Dalam dialognya, Mentan memberikan bantuan berupa sepasang anakan Sapi Belgian Blue kepada Bupati Konawe, Alsintan, dan Itik Albio kepada penyuluh pertanian Kabupaten Konawe.

Untuk diketahui, varietas Inpari 40 memiliki potensi hasil sebabyak 9.6 ton per ha, umur panen 116 hari serta memiliki kemampuan amphibi, dimana pada kondisi air terbatas masih mampu berproduksi optimal.

Varietas Inpari 40. Foto: istimewa.

Kabupaten Konawe sendiri merupakan salah satu kabupaten dengan areal persawahan terluas di Sulawesi Tenggara (Sultra) yaitu 42.000 ha dengan dukungan irigasi yang memadai serta keragaman berbagai varietas seperti Ciherang, Konawe, Inpari 33, Inpari 40, dan sebagainya. (Adv)