Menteri Pendidikan Dijadwalkan Hadir di Kongres Internasional Bahasa-bahasa Daerah Sultra

oleh -438 views

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: Republika

Kendari – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar Kongres Internasional III Bahasa-bahasa Daerah Sultra. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dijadwalkan akan hadir membuka kegiatan tersebut.

Kongres ini juga akan dihadiri Gubernur Sultra, Ketua DPRD Sultra, Wali Kota Kendari, Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan RI, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, serta seluruh pimpinan lembaga vertikal Kemdikbud di Sultra.

Baca juga: Kantor Bahasa akan Gelar Kongres Internasional Bahasa-bahasa Daerah Sultra

Berikut pembicara utama (keynote speaker) dalam Kongres Internasional III Bahasa-bahasa Daerah Sultra, 2-4 September 2019 di Kendari.

1. Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)
2. Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. (Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan)
3. H. Ali Mazi, S.H. (Gubernur Sulawesi Tenggara)
4. Prof. Dr. Masao Yamaguchi (Setsunan University, Japan)
5. Prof. Dr. Susanto Zuhdi (Guru Besar Universitas Indonesia)
6. Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. (Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta)
7. Prof. Dr. James T. Collins (Universiti Kebangsaan Malaysia)
8. Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra (Guru Besar Universitas Gadjah Mada)
9. Dr. Munawar Holil, S.S., M.Hum. (Universitas Indonesia)
10. Brendon Marshall, M.App.Ling. (La Trobe University, Australia)

Selain pembicara utama, kongres ini juga akan menhadirkan pemakalah undangan dan pemakalah pendamping.

Pemakalah undangan berasal dari kalangan pejabat, pakar bahasa, budayawan, akademisi, dan tokoh masyarakat yang diundang untuk menyampaikan buah pikiran mereka akan berbagai hal yang berhubungan dengan pelestarian bahasa dan budaya di Sulawesi Tenggara.

“Pemakalah undangan dari Sulawesi Tenggara antara lain Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D.,Prof. Dr. La Niampe M.Hum, Prof. Dr. Zalili Sailan, M.Pd., Prof. Dr. La Ode Sidu Marafad, M.S., Prof. Dr. Hanna, M.Pd., Dr. Rekson S. Limba, M.Si., Dr. Basrin Melamba, M.A., dan Dr. Sulsalman Moita, M.Si., dan Dr. Sumiman Udu, M.A,” kata Kepala Kantor Bahasa Sultra Sandra Safitri Hanan dalam keterangannya, Mingu (25/8/2019).

Adapun pemakalah pendamping adalah pakar bahasa, pemerhati pendidikan, akademisi/pakar sastra, dan pakar budaya yang mengirimkan makalah (bukan abstrak) yang sesuai dengan tema kongres ini dan telah dinyatakan lolos seleksi makalah oleh panitia.

“Kurang lebih empat puluh pemakalah pendamping yang akan memaparkan pemikiran dan hasil penelitiannya di ruang siding komisi,” ungkap Sandra.

bni/rls